Hari Jadi Kabupaten Jember ke-94, Pemkab Gelar Semaan Al-Quran Bersama Para Huffadz

Bupati Jember, Hendy Siswanto saat membuka acara semaan Al-Qur'an di Aula PB Sudirman Pemkab Jember/Ist
Bupati Jember, Hendy Siswanto saat membuka acara semaan Al-Qur'an di Aula PB Sudirman Pemkab Jember/Ist

Hari Jadi Kabupaten Jember ke 94 tahun tinggal beberapa hari lagi, tepatnya 1 Januari 2023. Berbagai kegiatan sudah dilaksanakan untuk menyambut hari jadi Kabupaten Jember, mulai lomba, kegiatan olah raga, UMKM, tak lupa mengisi rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Jember dengan semaan Alquran.


Semaan Alquran adalah tradisi kegiatan menyimak atau mendengarkan dan memperhatikan pembacaan ayat suci Al-Qur'an 30 Juz, yang dibacakan oleh para Huffadz atau penghafal Al-Qur'an dalam satu majelis.

"Semaan Al-Qur'an dalam rangka hari jadi ke-94 Tahun Kabupaten Jember bekerjasama dengan Jami'iyah Sema'an Al-Qur'an Pondok Pesantren Yasinat," ucap Bupati Jember, H. Hendy Siswanto, di Aula PB Soedirman Jember, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (25/12). 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jember, Muhammad Zamroni, Tokoh Alim Ulama' dan pimpinan pondok pesantren Tahfidzul Qur'an (PPTQ) Yasinat, KH. Imam Baghowi Burhan serta unsur Forkopimda. 

Bupati Hendy mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut. Pasalnya, kegiatan tersebut dapat memperteguh dan mempererat hablum minnallah (Hubungan dengan Allah) dan hablum minannas (Hubungan dengan sesama manusia) untuk meraih kesuksesan yang paripurna.

"Hablum minallah dan hablum minannas menjadi elemen penting atas keberhasilan Pemkab Jember," katanya.

Bupati Hendy juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Pimpinan PPTQ Yasinat Jember, KH Imam Baghowi Burhan dan juga seluruh jamaah yang hadir. Beliau memohon untuk bersama-sama memanjatkan doa agar Kabupaten Jember bisa menjadi lebih baik.

"Pada usia yang ke-94 tahun, Kabupaten dengan penduduk sekitar 2,5 Juta jiwa  perlu kerjasama yang  baik dengan Pondok Pesantren maupun stakeholder, untuk membangun Jember semakin lebih baik," harap dia. 

Selain itu ada upaya untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran, yang tentunya menjadi prioritas dan sasaran Pemkab Jember.