Ganjar Didesain untuk Jadi Presiden pada 2024, Pengamat: Tak Aneh, Indikasinya Sudah Kelihatan

Ganjar Pranowo/RMOL
Ganjar Pranowo/RMOL

Direktur Eksekutif Indoensia Political Review (IPR), Ujang Komarudin mengaku tidak heran jika Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didesain oleh pihak-pihak tertentu untuk menjadi Presiden RI pada Pemilu 2024 mendatang.


Pasalnya, kata Ujarng, sejumlah bukti-bukti empiris mengindikasikan Ganjar memang diproyeksikan untuk menjadi presiden menggantikan Presiden Joko Widodo.

“Saya tidak aneh, tidak kaget, dan tidak heran, kalau ada kelompok tertentu siapapun mereka mungkin dari kalangan Istana juga yang mendesain Ganjar jadi Presiden. Kan polanya, indikasinya, sudah kelihatan,” kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL beberapa saat lalu di Jakarta, Senin (26/12).

Hal itu dikatakan Ujang merespon pernyataan Ketua Umum Partai Republik Satu, Hasnaeni Moein atau Wanita Emas yang mengaku dirinya mendapatkan informasi dari Ketua KPU RI Hasyim Asyari bahwa Ganjar telah didesain menjadi Presiden RI.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia ini menuturkan, infrastruktur untuk menjadikan Ganjar sebagai Presiden RI sudah tampak sejak jauh-jauh hari.

Mulai dari kemunculan sejumlah relawan Ganjar, di sejumlah lembaga survei pun nama Ganjar selalu masuk tiga besar sebelum ramai Pilpres 2024. Hingga pihak-pihak yang dianggap lawan politik potensial mulai diintervensi agar bisa dikalahkan. Ujungnya jalan Ganjar menjadi orang nomor satu di Indonesia makin mulus.

“Arahnya sudah kelihatan. Relawan-relawan sudah kelihatan. Lalu lawan-lawan politiknya sudah mulai disingkirkan, dipersoalkan dengan persoalan hukum dan jeratan hukum,” tuturnya.

“Jadi saya tidak aneh kalau misalnya Ketua KPU mengatakan hal seperti itu, karena memang saya sudah lama memprediksi itu,” demikian Ujang Komarudin.

Sebelumnya,  Ketua Umum Partai Republik Satu Hasnaenai Moein mengaku mendapatkan informasi dari Ketua KPU RI Hasyim Asyari bahwa Ganjar Pranowo akan didesain menjadi Presiden RI didampingi Erick Thohir sebagai Wakil Presiden RI pada Pemilu 2024.

“Dia pernah menjelaskan kepada saya bahwa yang akan menjadi Presiden RI itu akan didesain oleh KPU bahwa Pak Ganjar dan pasangan Erick Thohir. Itu statemennya Pak Hasyim Asyari sendiri kepada saya. Bercerita waktu saya berduaan,” ungkap Wanita Emas dalam sebuah video yang diterima redaksi, Jumat (23/12).