UKPBJ Jember Optimis Jumlah Produk di E-Katalog Meningkat

Anang (Berseragam PNS) saat menjadi narasumber di Pendopo Wahyawibawa graha Jember/Ist
Anang (Berseragam PNS) saat menjadi narasumber di Pendopo Wahyawibawa graha Jember/Ist

Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kabupaten Jember optimis Jumlah dan jenis produk yang terdaftar dalam Elektronik Katalog Lokal Kabupaten Jember akan meningkat. 


Hal ini seiring dengan edukasi dan Leterasi E Katalog Bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sebelumnya tidak mengenal peluang pemasaran melalui E Katalog.  

Diketahui E-Katalog adalah aplikasi belanja online yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP). Aplikasi ini menyediakan berbagai macam produk dari pelbagai komoditas yang dibutuhkan oleh pemerintah.

Menurut Kepala UKPBJ Kabupaten Jember, Anang Dwi Resdiyanto, aturan tentang E-Katalog masih tergolong baru, yakni Inpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Penggunaan Produk dalam Negeri (PDN) dan Produk Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Koperasi. Karena itu, pihaknya terus melakukan edukasi dan Leterasi terhadap pelaku UMKM di Jember, supaya mengetahui dan memahami peluang pemasaran pengadaan barang kebutuhan pemerintah.

"Salah satu tujuan digelar sosialisasi untuk memperkuat pelaku UMKM dalam memasarkan produknya pada E-Katalog Lokal Kabupaten Jember," katanya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (27/12).

Dia menjelaskan, hingga Selasa (27/12), baru tersedia 24 etalase dengan 190 penyedia barang/jasa, yang sudah terdaftar dalam E Katalog dengan 2.800 jenis barang dan jasa. 

Dia juga memastikan jumlah tersebut akan terus bertambah karena sudah banyak peserta yang mengikuti edukasi dan Leterasi. 

"Pesertanya sangat antusias mengikuti sosialisasi dan Fasilitasi E Catalog, karena bagi mereka masih hal baru," katanya.

Sebelumnya, Pemkab Jember menggelar sosialisasi dan fasilitasi E-Katalog Lokal Kabupaten Jember kepada pelaku UMKM di Pendopo Wahyawibawagraha Jember, Senin (26/12). 

Bupati Jember, Hendy Siswanto berharap pelaku UMKM lebih banyak mendaftarkan produknya dalam E Katalog Lokal Kabupaten Jember.

"Jumlah sekitar 2.600 Produk masih jauh dari target. Saya menginginkan yang terdaftar lebih dari 100 ribu jenis produk barang/ jasa terdaftar dalam E-Katalog Lokal Kabupaten Jember. Sebab, jumlah pelaku UMKM di Jember, jumlahnya ratusan ribu orang," ucap Bupati Hendy.