Partai Ummat jadi Peserta Pemilu 2024, Hasyim Asyari: Setiap Peristiwa Ada Hikmahnya

Ketua KPU RI, Hasyim Asyari bersama pimpinan lainnya dan Ketua Partai Ummat Ridho Rahmadi/RMOL
Ketua KPU RI, Hasyim Asyari bersama pimpinan lainnya dan Ketua Partai Ummat Ridho Rahmadi/RMOL

Ada momen menarik dalam penetapan Partai Ummat sebagai peserta Pemilu Serentak 2024. Sosok yang berperan dalam kejadian ini adalah Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asyari.


Hasyim menyampaikan sebuah celotehan atas kelolosan Partai Ummat yang diketahui mendapat kesempatan verifiasi perbaikan usai menggugat KPU RI ke Badan Pegawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Celotehan Hasyim ini mengundang gelak tawa dari peserta Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Verifikasi Perbaikan Partai Ummat di Ruang Sidang Utama Kantor KPU RI, di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (30/12).

"Jadi Mas Ridho (Ketum Partai Ummat), walaupun start akhir tidak selalu finish akhir," celoteh Hasyim disambut tepuk tangan dan gelak tawa peserta pleno yang di antaranya pimpinan dan kader Partai Ummat serta staf KPU RI dan awak media.

Tak sampai di situ, Hasyim juga menanggapi nomor urut yang diperoleh Partai Ummat sebagai peserta Pemilu Serentak 2024.

"Dan kalau dibaca urutannya pemilu tahun 2024, (Partai Ummat) nomornya 24. Jadi setiap peristiwa kita harus ambil hikmahnya," sambung Hasyim berkelakar.

Komisioner KPU RI dua periode ini bahkan melanjutkan candaannya dengan menyapa Ketua Majelis Syura Partai Ummat, Amien Rais yang turut hadir dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Verifikasi Perbaikan Partai Ummat di wilayah Provinsi NTT dan Sulawesi Utara.

"Saya bisa begini karena ilmu-ilmu yang diajarkan oleh guru saya, Pak Amien Rais. Saya murid beliau sewaktu mengambil pascasarjana ilmu politik di UGM (Universitas Gadjah Mada)," demikian Hasyim menambahkan.