Pengamat: Termasuk Milenial Progresif, Bupati Fauzi Layak Maju Pilgub Jatim

foto/net
foto/net

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, dinilai layak menjadi kandidat pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Sebab, memiliki beberapa kelebihan.


"Dalam amatan saya, (Achmad Fauzi) masuk kategori kepala daerah kabupaten/kota milenial di Jatim yang cukup progresif dan berpandangan maju," ucap pengamat politik Universitas Trunojoyo (Unijoyo) Madura, Surokim Abdussalam, saat dihubungi pada Jumat (30/12).

Secara kultur, sambung Surokim, Fauzi juga bisa mewakili kultur Madura. Dengan demikian, dapat menguatkan representasi arus bawah warga Jatim.

"Sebagai kepala daerah dengan masyarakat dominan rural, tentu bisa memahami kebutuhan masyarakat bawah lebih baik," kata Dekan FISIP Unijoyo ini.

Surokim melanjutkan, wajar apabila ada tokoh Madura yang akan memimpin Jatim. Dicontohkannya dengan Gubernur Jatim 1967-1976 yang legendaris, Mohammd Noer.

"Jika kita melihat sejarah, Gubernur Moh. Noer yg legendaris juga berasal dari kultur Madura, sehingga wajar saja jika ada tokoh dari Madura memimpin Jawa Timur," paparnya.

Di sisi lain, Surokim berpendapat, Pilgub Jatim bak Liga 1 di Indonesia.

"Sehingga, yang akan ikut kontes biasanya tokoh berkelas nasional, sangat kompetitif." pungkasnya.