Diterjang Angin Kencang, Arus Lalulintas Jember - Bondowoso Macet Total

Polsek, Koramil Arjasa, dan BPBD Jember dibantu masyarakat sekitar tengah melakukan evakuasi pohon tumbang di jalan raya depan Kantor Bobin/RMOLJatim
Polsek, Koramil Arjasa, dan BPBD Jember dibantu masyarakat sekitar tengah melakukan evakuasi pohon tumbang di jalan raya depan Kantor Bobin/RMOLJatim

Hujan deras yang disertai angin kencang menerjang Desa Candijati Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember, berakibat Pohon tumbang di jalan raya Depan Kantor Bobin desa setempat, Senin petang ( 2/1).


Seketika itu arus lalulintas di jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso macet total. Sebab, pohon asam berukuran besar menutup badan.

"Pohon tumbang terjadi saat  hujan deras dan angin kencang, sekitar pukul 17.30. WIB. Saat itu, saya hendak melintas di jalan tersebut, dari arah utara (Bondowoso)  menuju Jember," ujar Kapolsek Sumberjambe Jember AKP Setiono Budi Santoso, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Budi dalam perjalanan pulang melewati Jelbuk. Sesampai di TKP di Selatan Bobin  Desa Candijati Kecamatan Arjasa, ada pohon asam berukuran besar sudah terlihat tumbang melintang di jalan.

Dia memperkirakan pohon tumbang terjadi  karena tidak kuat menahan terpaan angin saat hujan deras dari siang hingga sore.  Pohon tersebut akhirnya roboh ke badan  jalan, yang menyebabkan kemacetan di arah Jalan  Jember - Bondowoso.

"Saya sudah mencari jalan alternatif, agar bisa segera sampai ke Jember. Namun jalan alternatif yang saya akan lewati jalur wisata oleng si Butong, juga macet,” ucap mantan Kapolsek Ledokombo Polres Jember ini.

Karena itulah,  lanjut Budi, ia langsung berkoordinasi dengan Polsek Arjasa Polres Jember,  untuk mengurai kemacetan. Tak lama kemudian, anggota Polsek Arjasa bersama petugas BPBD Jember, bersama-sama warga sekitar, mengevakuasi pohon tumbang.

Kapolsek Arjasa, Iptu Agus Sutriono, saat dikonfirmasi menjelaskan langsung memerintahkan anggotanya, untuk mendatangi lokasi pohon tumbang. Anggotanya bersama-sama warga sekitar, relawan dan petugas BPBD Kabupaten Jember, berupaya keras  memotong dan membersihkan pohon yang tumbang tersebut.

"Malam ini (Senin, 2/1) jalan yang menghubungkan Kabupaten Jember dengan Kabupaten Bondowoso ini, bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat," katanya.

Selain itu juga anggotanya melakukan Pamturlalin (pengamanan dan pengaturan lalu lintas) di lokasi pohon tumbang. Meski demikian, tidak ada korban jiwa atau terluka dalam peristiwa pohon tumbang tersebut.