PDIP Sebut Megawati Potensi Maju Capres 2024

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri/Net
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri/Net

Setiap usulan capres dan cawapres ditampung PDI Perjuangan untuk diramu dan diajukan pada 2024, termasuk potensi Megawati Soekarnoputri maju di Pilpres 2024.


Nantinya, keputusan akhir tetap ada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Ini (tiket capres) nanti menjadi keputusan dari beliau (Megawati). Tentu kita tunggu saja," ujar Ketua DPP PDIP, Eriko Sotarduga dalam diskusi bertajuk "Golden Tiket Capres PDIP: Mega 'Turun Gunung?" di Kopi Politik, Jalan Pakubuwono, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (7/1).

Eriko enggan berspekulasi mengenai siapa sosok yang akan menjadi capres dari PDIP. Namun ia tak menampik peluang Megawati kembali ikut Pilpres, mengingat putri sang proklamator sekaligus Presiden pertama RI Soekarno ini baru satu periode menjabat sebagai presiden sejak 2001 hingga 2004.

"Tadi juga sudah saya sampaikan bahwa demokrasi di PDIP sebelum diputuskan (Megawati), semua berhak menyampaikan usulannya untuk berpendapat, untuk melakukan upaya di dalam koridor partai, itu demokrasi ala PDI Perjuangan," sambung Eriko.

Sesuai pernyataan Sekjen Hasto Kristiyanto beberapa waktu lalu, PDIP akan mengumumkan sosok capres 2024 tahun ini.  

"Pada saatnya nanti yang akan memutuskan. Banyak pihak juga yang mengatakan tanggal 10 (Januari) nanti ultah partai apakah ada kejutan atau apa? Mari kita pantau bersama," ujarnya.