Komisi B Ingatkan Pemprov Jatim Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Imlek, Ramadhan dan Idul Fitri

foto/net
foto/net

Komisi B DPRD Jatim meminta Pemprov Jatim mewaspadai kondisi bahan pokok yang cenderung mengalami kenaikan terutama beras, cabai, telur, ayam, daging menjelang Imlek, Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2023.


Anggota Komisi B DPRD Jatim Budiono mengingatkan Pemprov Jatim segera berkoordinasi dengan pihak terkait agar saat momen keagamaan ini datang harga-harga kebutuhan pokok tidak memberatkan masyarakat karena adanya kenaikan harga.

“Kami meminta Pemprov Jatim melalui dinas terkait untuk segera berkoordinasi mengantisipasi dan mengambil langkah-langkah preventif agar harga sembako di Jatim tidak melonjak apalagi ini menghadapi Imlek akhir Januari ini, dan puasa Ramadhan serta hari raya Idul Fitri April nanti. Ini harus diantisipasi sejak sekarang. Termasuk dengan menyiapkan operasi pasar jika dibutuhkan, ” kata Politisi Gerindra Jatim, Jumat (11/1/2023).

Tidak sekedar program di pasar, politisi asli Bojonegoro ini mendesak pemprov juga memperhatikan kebutuhan petani menghindari gagal panen.

“Kita juga minta agar Pemprov memberi bantuan-bantuan terkait peningkatan produktifitas kepada seluruh petani, termasuk penyediaan pupuk pada dinas pertanian. agar produksi di daeerah-daerah tidak gagal panen. Ini agar tidak ada kelangkaan-kelangkaan bahan pokok dan harganya meningkat sehingga memberatkan masyarakat,” tegasnya.

Budiono mengatakan bahwa selama ini dinas terkait sudah melakukkan program dengan baik, hanya saja belum dilakukan maksimal.

“Iya sudah ada dan baik tapi masih belum maksimal maka perlu ditingkatkan. Kami sendiri komisi B akan juga akan mengawal dan melakukan koordinasi agar kelangkaan dan kenaikan tidak signifikan,” kata Budiono.

Sebelumnya dikabarkan sudah satu bulan terakhir harga beras IR 64 di Jatim mengalami kenaikan. Namun tidak demikian dengan harga cabai dan telur yang naik turun. Berdasarkan data Siskaperbapo harga rata-rata untuk komoditas Beras IR 64 per Kilogram di Jatim per Senin (9/1) Rp.10.506.