KPU Buka Ruang Masukan Publik dalam Pembentukan Timsel KPUD

Ketua KPU RI, Hasyim Asyari/Net
Ketua KPU RI, Hasyim Asyari/Net

Ruang untuk publik dalam memberikan masukan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam pembentukan tim seleksi (Timsel) Anggota KPU Daerah (KPUD) dibuka.


Ketua KPU RI, Hasyim Asyari menjelaskan, masyarakat punya kesempatan untuk menyampaikan masukannya terhadap calon-calon anggota Timsel Anggota KPUD sebelum mereka dilantik.

"Jadi Timsel nanti kita umumkan, setelah diumumkan nanti kita berikan kesempatan tanggapan dari masyarakat atau partispasi publik memberikan tanggapan," ujar Hasyim audiensi dengan Konferensi Waligereja Indonesia di Wisma KWI, Jalan Kemiri, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/1).

Ia mengatakan, proses seleksi Timsel Anggota KPUD tengah berjalan. Di mana prosesnya adalah menerima berkas persyaratan untuk menjadi timsel.

"Undang-undang menjadi anggota KPU karakternya adalah profesional, nah profesional ini berdasarkan kompetensi," kataya.

"Kompetensi ini indikator ya ada dua, kemampuan yang memadai tentang pemilu, yang kedua punya kemampuan pengalaman yang memadai dalam kepemiluan," tambah Hasyim.

Lebih lanjut, Hasyim memastikan ruang masukan dari publik untuk Timsel Anggota KPUD akan dibuka dalam kurun waktu tertentu.

"Akan kita berikan kesempatan itu dimana sebelum dilantik atau sebelum diberikan bimbingan teknis untuk para calon timsel dan akan ada klarifikasi masukan dari masyarakat menjadi sesuatu yang penting, supaya kemudian kualitas dan kuantitas timsel yang dibuat KPU terjaga," pungkasnya.