Indonesia akan Terbangkan Dua Pesawat Bantuan ke Turki dan Suriah

Tim SAR melakukan pencarian korban gempa di Turki dan Suriah/Net
Tim SAR melakukan pencarian korban gempa di Turki dan Suriah/Net

Pemerintah Indonesia akan mengirim dua pesawat berisi Tim Medium Urban Search and Rescue (MUSAR) ke Turki dan Suriah untuk membantu mengevakuasi korban gempa.


Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan pemerintah Indonesia terus melakukan koordinasi terkait pengiriman bantuan kemanusiaan untuk korban bencana gempa bumi di Turki dan Suriah.

“Dalam waktu dekat, dua pesawat akan diterbangkan dari Jakarta untuk membawa bantuan tahap selanjutnya, yaitu Medium Urban SAR atau MUSAR serta peralatannya, serta tim dan bantuan medis yang dibutuhkan,” kata Retno dalam keterangan video di kanal YouTube MoFa Indonesia pada Kamis (9/2).

Retno mengatakan, pemerintah Indonesia juga terus berkoordiasi dengan pemerintah Turki dan Suriah terkait bantuan tahap selanjutnya agar sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pihaknya akan mengirim 47 personel dari Basarnas dengan kualifikasi SAR Internasional untuk membantu evakuasi korban gempa.

Adapun pesawat yang akan digunakan adalah Hercules milik TNI. Diperkirakan bantuan ini dapat dikirim maksimal dalam dua hari ke depan.