Indonesia Beri Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Turki dan Suriah, Ini Respon PKS

 Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini/Net
Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini/Net

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengapresiasi langkah Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana gempa bumi 7,8 skala richter di Turki dan Suriah.


Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini menilai, bantuan kemanusiasaan sangat diperlukan oleh Turki dan Suriah mengingat besarnya korban jiwa dan kerusakan yang terjadi.

Kata Jazuli, bantuan yang diperlukan bukan hanya berbentuk makanan, perlengkapan, dan obat-obatan. Bantuan yang sifatnya pengerahan relawan kemanusiaan juga sangat dibutuhkan oleh dua negara tersebut.

"Sebagai negara yang bersahabat baik, Pemerintah RI sewajarnya mengirim bantuan kemanusiaan. Pemerintah Turkiye juga beberapa kali mengirim bantuan saat terjadi bencana di tanah air seperti saat Tsunami Aceh, gempa Palu, dan terakhir gempa Cianjur," jelasnya, Minggu (12/2).

Secara resmi, Jazuli menyatakan bahwa PKS mengapresiasi pemerintah atas respons cepat dalam mengirim bantuan dan misi kemanusiaan ke Turki dan Suriah yang dipimpin langsung oleh Duta Besar RI di Ankara Turki.

"Solidaritas kemanusiaan global adalah bagian dari amanat konstitusi RI. Apalagi di tengah bencana yang silih berganti menimpa dunia," jelas Jazuli.