Kapolres Magetan Tertibkan Balapan Liar Di Nguntoronadi

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Aktivitas puluhan remaja di wilayah Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan menggelar Balapan Liar (BALI) dari sore hingga malam hari, meresahkan warga setempat. Selain menganggu ketertiban dan ketentraman, pembali ini juga membahayakan pengendara kendaraan lain.


"Saya perintahkan membubarkan dan berhasil menangkap beberapa pelaku BALI yang meresahkan warga masyarakat di Nguntoronadi itu, anggota kami juga berhasil membawa beberapa motor yang digunakan BALI,"kata Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan kepada Kantor Berita RMol.Jatim, Kamis (23/2).

Polisi melakukan razia itu, setelah mendapat laporan warga masyarakat di Nguntoronadi. Karena ulah pelaku BALI dan penggembira di jalanan itu mengganggu warga yang domisili disekitar ruas jalan yang digunakan BALI. 

"Tidak saja mengganggu, BALI itu juga membahayakan pengendara kendaraan lain yang melintas dijalanan seputar jalan di Ngintoronadi,",ujar Muhammad Ridwan.

Ia katakan, awalnya kegembiraan remaja dijalanan seputar wilayah kota kecamatan itu, namun lama lama aktivitas remaja itu menimbulkan gangguan Kamtibmas dan Laka Lantasn di wilayah tersebut.

"Begitu banyak laporan, Kepolisian  cepat merespons dengan menurunkan tim gabungan untuk membubarkan BALI itu,"kata Kapolres Muhammad Ridwan.

Gerebekan BALI itu, lanjut Kapolres Magetan Muhammad Ridwan, dilakukan sore hari, BALI baru saja dimulai, sehingga belum sampai membuat gangguan Kamtibmas di lingkungan setempat.

"Anggota Kami melakukan penggerebekan masih sore hari, sebelum kegiatan remaja yang membahayakan itu ramai seperti biasanya, Rabu (22/2),"ungkap Muhammad Ridwan.

Selain melakukan pembubaran, personil Polres Magetan juga melakukan razia pemeriksaan surat surat sepeda motor yang lewat seputaran wilayah kota kecamatan Nguntoronadi. Yang surat surat lengkap dan tidak terkait kegiatan, dipersilakan meneruskan perjalanan.

 "Personil kami mendapati ada lima unit sepeda motor modifikasi sport pretelan yang di sinyalir dibuat BALI. Sepeda motor modifikasi sport pretelan itu, langsung  diamankan berikut joki (pembali) dan pemilik motor,"ungkap Kapolres Muhammad Ridwan.

Dalam gerebekan BALI itu Polisi berhasil mengamankan lima unit sepeda motor modifikasi sport pretelan, enam orang remaja pembali dan pemilik motor sport pretelan yang akan digunakan BALI itu.

"Saya himbau, agar para orangtua yang memliki anak usia remaja, dinasihati agar tidak melakukan aktivitas yang melanggar aturan berlalulintas, terlebih ikut ikutan Bali, karena BALI, selain membahayakan diri sendiri juga orang lain. Kalau putra putri usia remaja ingin balapan arahkan ke sirkuit yang memang arenanya,"tandas Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan.