Dinas PU Bina Marga Jatim Dan PT Imasco Asiatic Puger Sepakat Perbaikan Jalan Provinsi  

Hearing Dinas PU Bina Marga Provinsi dengan PT Imasco Asiatic, Pimpinan DPRD Jember perwakilan warga di Kabupaten Dinas PU Bina Marga Surabaya/Ist
Hearing Dinas PU Bina Marga Provinsi dengan PT Imasco Asiatic, Pimpinan DPRD Jember perwakilan warga di Kabupaten Dinas PU Bina Marga Surabaya/Ist

Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur bersama PT Imasco Asiatic Puger sepakat untuk memperbaiki kerusakan jalan Provinsi yang biasa dilewati Truk bertonase besar milik PT Imasco. Rencana jalan yang akan diperbaiki sepanjang 4,7 kilometer,  antara Desa Grenden hingga Desa Kasian Kecamatan Puger.


Demikian diungkapkan wakil ketua DPRD Jember, Achmad Halim, usai hearing dengan Dinas PU Bina Marga Provinsi Jatim bersama PT Imasco, Perwakilan warga Dusun Kapuran Puger, Pimpinan DPRD Jember, ketua Komisi B dan Komisi C DPRD Jember, Kamis (23/2) siang. Rapat dengar pendapat digelar di aula Kantor Dinas PU Bina Marga Provinsi Jatim lantai 2.

"Sesuai yang tertuang dalam berita acara rapat, menghasilkan kesepakatan, bahwa pihak Provinsi dalam waktu dekat, akan melakukan rehab jalan, walaupun dananya terbatas," ucap Achmad Halim, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Diketahui, PT Imasco Asiatic adalah produsen semen Singa Merah yang berasal dari negeri tirai bambu.

Melihat anggaran di provinsi Jatim terbatas, maka pihak PT Imasco ikut berpartisipasi dalam perbaikan konstruksi jalan rusak tersebut. Namun pihak perusahaan semen masih akan mengkaji pembagian perbaikan jalan antara Dinas PU dengan PT Imasco.  

"Pihak Imasco akan melakukan perbaikan sendiri, sesuai dengan kemampuan keuangan perusahaan. Sudah ada kesepakatan mana yang akan diperbaiki oleh pihak Provinsi dan PT Imasco," katanya.

Keterlibatan PT Imasco ini sebagai wujud partisipasi dan perhatian perusahaan, yang selama ini sudah mendapatkan banyak manfaat dari operasional perusahaan. Sedangkan di pihak lain, yakni masyarakat Grenden Puger, menerima dampak atau ekses beroperasinya PT Imasco.

Dalam kesempatan tersebut, Halim juga mendorong pihak Provinsi Jawa Timur, untuk segera merealisasikan pembangunan pelabuhan di Puger. Sebab, sebelumnya gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, berjanji akan melakukan pelabuhan di Kecamatan Puger.

Sebelumnya, ratusan Warga Desa Grenden, yang tergabung dalam Forum Pemuda Kapuran (FPK) menggelar unjuk Rasa di Kantor PT Imasco Asiatic Grenden. Mereka menyampaikan 12 tuntutan, sebagai dampak dari Operasional pabrik semen singa merah. Sebab, akibat beroperasi perusahaan tersebut, menyebabkan kerusakan jalan, karena dilewati truk Jumbo bertonase besar. Selain itu juga berdampak kesehatan, karena banyaknya debu. Bahkan menimbulkan kerusakan rumah warga, karena bangunan retak, hingga mengganggu aktivitas pendidikan serta kenyamanan beribadah saat sholat Jum'at.