Elektoral Airlangga Unggul di Atas Prabowo dan Ganjar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Net
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Net

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi salah satu figur yang patut dipertimbangkan untuk diusung dalam bursa calon presiden pada Pemilu 2024.


Direktur Eksekutif Laboratorium Suara Indonesia Albertus Dino mengatakan, dalam survei terbaru yang dilakukan, tingkat elektoral Airlangga memuncaki klasemen. Unggul di atas nama yang lama beredar seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Survei terbaru kami, nama Airlangga Hartarto menempati urutan pertama dengan elektabilitas sebesar 22,7 persen," ujar Albertus Dino dalam keterangannya dimuat Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (23/2).

Di urutan kedua Prabowo Subianto yang mencatatkan elektabilitas 19,4 persen dan disusul Ganjar Pranowo dengan tingkat elektoral sebesar 10,6 persen.

Sementara nama-nama lainnya, ada mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (8,7 persen), Ketua DPR RI Puan Maharani (6,4 persen), mantan Panglima TNI Andika Perkasa (4,7 persen), Kepala KSP Moeldoko (3,8 persen).

"Serta ada (Ketua Umum Partai Demokrat) Agus Harimurti Yudhoyono 3,3 persen, (Gubernur Jawa Timur) Khofifah Indar Parawansa 2,7 persen, dan yang tidak memilih sebanyak 17,7 persen," demikian Albertus.

Survei tersebut dilakukan pada medio 8-22 Februari 2023 dengan melibatkan 2.150 responden di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Survei dilakukan dengan metode wawancara tatap muka, sedangkan sampel ditentukan secara acak bertingkat. Dengan menggunakan metode ini hasil survei memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error kurang lebih 2,11 persen.