Survei Litbang Kompas: Prabowo Subianto Capres dengan Pemilih Loyal Tertinggi

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto/RMOL
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto/RMOL

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menjadi kandidat calon presiden dengan pemilih loyal tertinggi, berdasarkan survei yang dilakukan Litbang Kompas terhadap 1.202 responden pada medio 25 Januari-4 Februari 2023.


“Prabowo memimpin dengan pemilih potensial loyalis sebesar 23,5 persen,” kata Peneliti Litbang Kompas, Reza Felix Citra, dalam keterangannya dimuat Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (3/3).

Pendukung potensial loyalis Prabowo lebih tinggi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Ganjar pemilih loyalisnya 18,6 persen, sedangkan Anies sekitar 16,1 persen,” katanya.

Survei Litbang Kompas ini menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.

Metode yang digunakan adalah wawancara tatap muka, dengan tingkat kepercayaan 95 persen, dan margin of error penelitian lebih kurang 2,83 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Elektabilitas Prabowo meningkat signifikan dari preferensi pemilih generasi Z dalam survei terbaru Litbang Kompas.

Peneliti Litbang Kompas, Arita Nugraheni, mengatakan, berdasar survei, jajak pendapat Litbang Kompas terkini menunjukkan elektabilitas Menteri Pertahanan itu meningkat signifikan dari sebelumnya.

"Prabowo Subianto dengan 20,6 persen,” kata Arita, dalam keterangannya, Senin (27/2).

Menurutnya, peningkatan elektabilitas Prabowo ini merupakan yang pertama sejak survei yang sama digelar Januari 2022 yaitu sebesar 13,9 persen.

“Dibandingkan survei Oktober 2022, Ganjar Pranowo yang meskipun masih menempati posisi puncak kehilangan 0,7 persen suara, sementara Prabowo mendulang penambahan 4 persen suara,” kata dia.

Sementara itu, pada survei sebelumnya tercatat tiga kandidat unggulan gen Z, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Namun posisi Anies yang tadinya masuk tiga besar tergeser Ridwan Kamil dengan perolehan suara 9,1 persen. Ganjar masih di posisi teratas dengan 28,8 persen, disusul Prabowo dengan dengan 20,6 persen.