Tangkal Kejahatan, Polres Bangkalan Sebar CCTV Hingga Pelosok

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Polres Bangkalan dalam upaya meningkatkan keamanan dan kondusifitas di wilayah hukumnya, berinovasi dengan pemasangan CCTV di beberapa daerah di Bangkalan.


Pemasangan CCTV ini sudah sejak lama direncanakan Kapolres Bangkalan AKBP Wiwit Ari Wibisono. CCTV disebar ke sejumlah pelosok desa, bahkan hingga kekawasan gang kecil.

Program pemasangan kamera pengintai ini dinamakan 'Program Pemasangan CCTV Per Desa, Per Dusun, RT/RW, Bahkan Per Gang.

"Pemasangan sudah mulai dilakukan, dan puluhan CCTV terpasang di sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Bangkalan," kata AKBP Wiwit, sapannya.

Menurut dia, pemasangan CCTV dilakukan secara bertahap. Kapolres juga menuturkan, untuk memasang CCTV yang belum terjangkau. Pihaknya kini, berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait, yakni Dinas Perhubungan, Pemerintah Daerah, bahkan hingga pejabat di tingkat pemerintah desa. 

 "Kami saat ini telah menyebar puluhan CCTV yang memang belum terjangkau seperti di lokasi rawan kriminal, dan sejumlah daerah hingga desa. Setiap minggunya, ada 3 CCTV yang kita sebar di 3 lokasi berbeda. Itu akan berkelanjutan dan bersinergi dengan berbagai pihak. CCTV pun langsung kita pantau dari Command Center Mapolres Bangkalan. 24 jam nonstop. Sehingga, kedepan keamanan di kabupaten Bangkalan lebih baik dan masyarakat lebih nyaman," beber AKBP Wiwit, kepada Kantor Berita RMOLJatim, Senin (13/03/2023).

Keberadaan CCTV yang terpasang hingga ke pelosok desa dan gang kecil. Menurut Kapolres Bangkalan dapat mempersempit ruang atau bahkan tidak ada lagi tempat bagi pelaku kriminal untuk menjalankan modus operandinya di Kabupaten Bangkalan. 

"Harapan kita tentu, dengan adanya CCTV yang tersebar di setiap sudut dan titik terpencil akan memudahkan kita untuk mengungkap kasus kejahatan," harap AKBP Wiwit, orang nomor satu di Mapolres Bangkalan.