Pemkab Bondowoso Terima Piagam UHC Award 2023, Bupati Salwa: Terimakasih!

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin (kiri) saat menerima piagam UHC Award 2023/ist
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin (kiri) saat menerima piagam UHC Award 2023/ist

Kabupaten Bondowoso kembali terima penghargaan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Awards 2023 yang berlangsung di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/3).


UHC Award 2023 diberikan kepada Pemerintah Daerah yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta JKN dibandingkan jumlah penduduk.

Serta yang sudah melakukan Integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan Pemerintah Daerah ke dalam Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah.

Hal tersebut sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2022 tentang Penyusunan APBD tahun 2023 serta Inpres Nomor 1 Tahun 2022.

“Terima kasih kepada masyarakat dan seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Bondowoso, bahwa Kabupaten Bondowoso telah menyandang predikat Universal Health Coverage (UHC) dan menerima UHC Award Tahun 2023,” ujar Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

“Semoga dengan capaian UHC dapat memberikan manfaat dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bondowoso melaui peningkatan mutu layanan kesehatan,” jelasnya.

Bupati Salwa mengimbau kepada seluruh penduduk Kabupaten Bondowoso agar menggunakan Nomor Identitas Kependudukan atau Kartu Tanda Penduduk untuk mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan Rumah Sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Penghargaan tersebut mengusung tema "Wujud nyata komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia."

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian disaksikan Menteri PMK, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Kepala Bappenas, Direktur BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional.