Jamin Masyarakat Sehat, Wali Kota Malang Terima Penghargaan UHC

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Menjamin seluruh masyarakat Kota Malang mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif, untuk memenuhi cakupan kesehatan semesta. Pemerintah Kota (Pemkot) Malang meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional pada puncak acara UHC Award 2023, yang dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma'ruf Amin.


Dalam hal ini, Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji langsung menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian di Balai Sudirman Jakarta Selatan, Selasa (14/3) 

Dengan adanya penghargaan tersebut, Wali Kota Malang, H. Sutiaji mengungkapkan, bahwa  ini merupakan hasil dari kolaborasi yang baik antara Pemerintah Kota Malang, BPJS Kesehatan, serta semua stakeholder kesehatan mulai dari rumah sakit, puskesmas dan penyedia kesehatan yang lain sehingga kepercayaan masyarakat terus meningkat.

"Tentu kita sangat bersyukur. Kota Malang diapresiasi Pemerintah Pusat. Namun yang perlu kita garis bawahi, Kolaborasi hexahelix yang kita terapkan dapat diterima dengan baik. Semuanya ini jadi pondasi, pondasi ini mari kita jaga sama-sama agar terus jadi budaya yang baik," ujar orang nomer satu di Kota Malang tersebut. 

Masih kata, H. Sutiaji, bahwa kesadaran dan kepedulian masyarakat di Kota Malang terhadap kesehatan sudah sangat tinggi dan tentu mempunyai korelasi dengan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

"Kolaborasi antara Dinas Kesehatan, rumah sakit, BPJS, Puskemas, semua Stakeholder dan lain-lain ini sangat bagus. Sehingga hal ini memberikan kepercayaan kepada masyarakat. Nah, saat masyarakat percaya, maka masyarakat mempunyai kesadaran dan kepedulian,” tutur pria khas berkacamata itu. 

Bahkan, H. Sutiaji menekankan, bahwa pencapaian ini sejalan dengan visi misi yang diusung di awal periode kinerja nya. 

"Masalah kesehatan, merupakan salah satu prioritas yang harus dicapai yang menjadi bagian integral dari pembangunan manusia. Dengan UHC ini, maka ini upaya dari bagian integral pembangunan manusia khususnya masyarakat Kota Malang sudah sesuai dengan target kami," paparnya. 

Selain itu, ia juga berharap, kualitas pelayanan harus terus ditingkatkan agar kepercayaan masyarakat tetap terjaga dengan baik.

"Rasa kepercayaan masyarakat ini modal, bagi saya. Untuk itu, mari kita jaga tingkatkan kualitasnya, agar kepuasan masyarakat tercapai, masyarakat menaruh kepercayaan penuh kepada negara. Kemudian sudah sepantasnya kita juga memberikan yang terbaik kepada masyarakat, artinya negara benar-benar hadir dan memberikan kemudahan pada masyarakat,” pungkasnya. 

Sementara itu, Pemerintah Pusat merilis penyerahan UHC Award 2023 kepada pemerintah daerah, yang telah melindungi penduduknya lebih dari 95 persen dan telah mendaftarkan dalam segmen PBPU Pemerintah Daerah. 

Pemkot Malang menerima penghargaan ini bersama para kepala daerah dari 22 provinsi dan 334 kota/Kabupaten di seluruh Indonesia. 

Sedangkan definisi UHC sendiri merupakan perwujudan tiga hal yang saling berhubungan yakni, kesamaan akses pelayanan, kesehatan setiap orang yang membutuhkan akan mendapatkan pelayanan kesehatan. Tentunya hal ini tetap memperhatikan kualitas pelayanan kesehatan yang baik dan terus meningkat bagi peserta yang menerima pelayanan dan memastikan biaya pelayanan kesehatan yang digunakan tidak membuat masyarakat dalam kerugian finansial.[adv]