Bupati Malang Terima Penghargaan Chief of Transformation

Bupati Malang, H.M. Sanusi (tengah) memakai batik coklat/Ist
Bupati Malang, H.M. Sanusi (tengah) memakai batik coklat/Ist

Bupati Malang, H.M. Sanusi menerima penghargaan Chief of Transformation dari Amazon Web Services (AWS) di Gedung D Kemendikbudristek Jakarta, Senin (20/3) kemarin.


Tak hanya itu, Kepala Bappeda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Tomie Herawanto yang mewakili Bupati Malang juga menerima penghargaan sebagai Digital Innovation Leader, yang diberikan langsung oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Dr. Safrizal Z.A, M.Si. Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh Direktur AWS, Direktur ASEAN Government Transformation AWS serta Country Manager AWS.

"Bupati Malang mendapat penghargaan tersebut semata-mata atas dasar kepemimpinannya dalam menggerakkan transformasi digital, pada program kampus merdeka Indonesiaku AWSome. Program ini mendapatkan banyak apresiasi baik dari dinas maupun dari perusahaan, karena sangat berdampak langsung kepada Pemerintahan," ujar Tomie, Selasa (21/3) 

Bahkan, Tomie juga mencontohkan upaya digitalisasi Desa di Kabupaten Malang.  Yang mana, Desa dituntut harus mampu beradaptasi mengikuti kemajuan teknologi dengan mengurangi kesenjangan digital melalui pengembangan desa digital.

"Pemkab Malang melalui Bappeda juga memiliki sejumlah aplikasi untuk mendukung pelaksanaan tata kelola pemerintah berbasis elektronik atau E-Government. Aplikasi tersebut antara lain E-Planning yang didalamnya terdapat berbagai aplikasi terkait seperti E-RPJMD, E-Renstra, E-RKPD, E-Renja, E-Musrenbang, dan E-Pokir. Selain itu, Pemkab Malang juga sudah mengimplementasikan E-Budgeting yang juga sudah terintegrasi dengan E-Planning, E-Renja, dan E-Monev," terangnya. 

Ia pun menjelaskan, bahwa kegiatan yang juga diinisiasi oleh SEAL (social economic accelerator lab) juga merupakan pengembangan bisnis strategis antara KEK Singhasari dengan AWS. 

"Banyak aspek digital yang bisa dikembangkan dan dipakai oleh pemerintah. Seperti website, animasi, video dan ruang lingkup digital lainnya. Salah satu kunci sukses dari percepatan transformasi digital khususnya di pemerintahan adalah kolaborasi dari berbagai pihak dari pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat, komunitas, dan media. Maka dari itu KEK Singhasari akan terus dimatangkan dalam hal transformasi Digital. Karena di KEK Singhasari dari awal memang dikonsep untuk industri digital dan animasi," tuturnya. 

Dalam kegiatan tersebut, AWS juga mengapresiasi Pemkab Malang karena telah melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program MBKM Indonesiaku AWSome difokuskan untuk menyinergikan visi akselerasi transformasi digital, di bidang layanan publik telah sukses dilaksanakan selama 2 semester pada tahun 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 607 mahasiswa, yang berasal dari 78 Universitas, menghasilkan 64 solusi smart city & smart public sector dan 5 solusi telah berhasil diimplementasikan.