Mengolah Pisang jadi Camilan, Cara OMG Melatih Kreatifitas Warga

Mengolah pisang jadi keripik
Mengolah pisang jadi keripik

Orang Muda Ganjar (OMG) DPC Kabupaten Situbondo menggelar pelatihan dan pengolahan pisang bersama warga pada Kamis 23 Maret 2023.


Kegiatan itu dilakukan dengan menggandeng PKK dan  Komunitas Pemuda di Desa Curah Tatal, Kabupaten Situbondo, Jatim.

"Kami mengajarkan cara mengolah pisang sehingga menjadi camilan seperti keripik pisang," ujar Koordinator OMG DPC Kabupaten Situbondo, Marsuki di lokasi.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri 50 warga yang terdiri dari tokoh masyarakat Kabupaten Situbondo, anggota PKK, mahasiswa, dan komunitas pemuda Curah Tatal.

Marsuki mengatakan kegiatan ini juga mengajarkan masyarakat cara memasarkan keripik pisang yang telah diolah.

"Pelatihan  pengolahan keripik pisang ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas pemuda di Desa Curah Tatal selain itu, pengolahan keripik pisang juga dapat menjadi peluang bisnis mengingat makanan ringan ini banyak diminati dari semua kalangan," sambungnya.

Dalam acara ini OMG Kabupaten Situbondo juga memberi bantuan pengadaan alat kemas produk serta peralatan dapur sebagai upaya pengembangan produk keripik pisang di Desa Curah Tatal nantinya.

Tak lupa dalam sesi penutupan acara, Koordinator OMG Kabupaten Situbondo juga memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo pada masyarakat.

Warga yang hadir sangat antusias dengan kegiatan pelatihan tersebut. 

Mereka berharap OMG Jatim bisa terus mengadakan kegiatan pelatihan bermanfaat lainnya.

"Kami berterima kasih diberi ilmu oleh Orang Muda Ganjar sehingga tidak hanya mengolah tetapi juga bisa menjadi ide peluang usaha untuk kami," ujar Marginah, salah satu warga yang mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.