Dibangun dengan Anggaran Belasan Miliar, Dinding Penahan Tanah di Bondowoso Ambruk

Dinding penahan tanah di jembatan Ki Ronggo Bondowoso longsor/ist
Dinding penahan tanah di jembatan Ki Ronggo Bondowoso longsor/ist

Hujan dengan intensitas cukup deras mengguyur Kabupaten Bondowoso sejak siang hingga sore hari, Jumat (24/3).


Akibatnya dinding penahan tanah di tebing sebelah utara yang berada di dekat jembatan Ki Ronggo longsor sepanjang 35 meter dengan tinggi 15 meter dan lebar 6 meter.

Diketahui bahwa dinding penahan tanah atau Plengsengan di Jembatan Ki Ronggo, Kelurahan Kotakulon kabupaten Bondowoso.

Sontak pada saat kejadian membuat banyak beredar video yang menggambarkan kondisi saat dinding tersebut jebol yang diabadikan oleh seseorang ketika kondisi masih hujan.

Dari data yang dihimpun Kantor Berita RMOLJatim, kawasan tersebut merupakan lokasi wisata kuliner Ki Ronggo yang dibangun tahun 2016 hingga 2017 silam.

Ketika itu kabupaten Bondowoso masih dipimpin oleh Bupati Amin Said Husni, yang anggaran pembangunannya dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang saat itu dikepalai oleh Karna Suswandi.

Untuk total anggaran pembangunan fisik jembatan Wisata Kuliner Ki Ronggo, ditaksir mencapai Rp 13 miliar.

Hingga saat ini, tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso serta berbagai pihak terkait dan relawan sedang mengecek kondisi jembatan tersebut.

Dikatakan Dadan Kurniawan, kepala BPBD Bondowoso, pihaknya masih koordinasi dengan OPD teknis soal jembatan aman atau tidaknya dilalui pasca kejadian tersebut.