Lima Capres Peraih Elektabilitas Tertinggi Versi Indikator

foto/net
foto/net

Lima nama calon presiden (capres) yang memiliki elektabilitas terbaik tidak mengalami banyak perubahan dari beberapa simulasi survei nasional yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia.


Dalam survei nasional yang dikeluarkan Indikator dengan judul "Dinamika Elektoral Capres dan Cawapres Pilihan Publik Dalam Surnas Terbaru" periode Februari-Maret 2023 dengan melibatkan 2.000 orang responden, Indikator memperlihatkan lima nama capres yang memiliki elektabilitas tertinggi.

"Ini elektabilitas berdasarkan simulasi 34 nama. Jadi top three tidak terlalu banyak perubahan, kecuali soal peringkat, itu pun dalam margin of error antara Pak Prabowo dan Anies Baswedan," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil surveinya melalui virtual, Minggu (26/3).

Pada simulasi 34 nama semi terbuka, nama Ganjar Pranowo berada di urutan pertama dengan 30,8 persen dipilih responden. Selanjutnya disusul oleh Prabowo Subianto dengan angka 21,7 persen, dan Anies Baswedan di angka 21,7 persen.

Selanjutnya di posisi keempat ada Ridwan Kamil (RK) dengan angka 6,3 persen, dan kelima ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di angka 1,6 persen.

Burhanuddin menjelaskan, jika dilihat data tren per Februari 2020 mirip seperti pacuan kuda. Artinya, awalnya Pak Prabowo yang unggul, kemudian Ganjar peringkat tiga, Anies nomor dua. Selanjutnya, Ganjar Pranowo kemudian menyalip Anies di bulan Januari 2021, kemudian Ganjar menyalip Pak Prabowo di Februari atau April 2022.