Sekjen PDIP: I Wayan Koster dan Ganjar Pranowo Tolak Israel karena Aspek Kemanusiaan

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto/Net
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto/Net

Penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel dalam Piala Dunia U-20 yang disuarakan kader PDI Perjuangan seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster semata-mata karena berdasarkan aspek kemanusiaan.


Begitu ditegaskan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di kawasan Senayan, Jakarta, pada Kamis (30/3).

“Ketika dari kader PDIP seperti Pak I Wayan Koster, Pak Ganjar Pranowo menyuarakan penolakan terhadap kehadiran Israel itu karena aspek kemanusiaan yang universal,” kata Hasto dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Sebab, kata Hasto, pembantaian rakyat Palestina oleh tentara Israel jelas-jelas melanggar amanat konstitusi hingga resolusi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) terkait hak asasi manusia (HAM).

“Mengingat Israel di bawah pemerintahan sayap kanan mengambil suatu kebijakan-kebijakan yang anti kemanusiaan dan melanggar dari hukum internasional di bawah resolusi PBB,” tegasnya.

Atas dasar itu, politikus asal Yogyakarta itu bisa memahami pernyataan Koster dan Ganjar yang menolak kehadiran Israel dalam ajang Piala Dunia U-20 dengan Indonesia sebagai tuan rumah.

“Kami bisa memahami sikap daripada Pak Koster dan Pak Ganjar Pranowo tersebut berdiri kokoh di atas nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai di dalam membangun persaudaraan bangsa, itu prinsip yang kokoh untuk membela yang benar,” demikian Hasto.