Jamin Kesejahteraan Masyarakat Bagian dari Program Prioritas Pemkab Lamongan

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menyalurkan bantuan Rosela secara simbolis/RMOLJatim
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menyalurkan bantuan Rosela secara simbolis/RMOLJatim

Menjamin kesejahteraan sosial masyarakat menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan dalam setiap pembangunan yang dilakukan.


Kesejahteraan masyarakat juga menjadi bagian dari program prioritas yang diusung Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf pada masa pemerintahannya, yakni program Yakin Semua Sejahtera (YSS). 

Dalam YSS terdapat inovasi berupa program kesejahteraan lansia atau yang biasa disebut ROSELA. ROSELA ini sendiri merupakan terobosan baru yang diprakarsai oleh Dinas Sosial Kabupaten Lamongan sejak Januari 2023 ini, dimana setiap harinya akan membagikan 2 porsi makanan kepada 10 lansia dimasing-masing kelurahan. ROSELA di setiap kelurahan akan berlangsung selama 3 bulan.

Melalui ROSELA, Pemkab Lamongan dapat menjamin kesejahteraan masyarakat yang memasuki usia senja atau lanjut usia (lansia).

Secara simbolis Bupati yang akrab disapa Pak Yes siang ini berkesempatan menyalurkan secara langsung bantuan ROSELA kepada 5 lansia di Kelurahan Sidokumpul, di masing-masing rumah lansia, pada Rabu (5/4).

"Hari ini kita menyalurkan bantuan dari program kesejahteraan lansia di Lamongan atau kita sebut ROSELA. Bantuan yang kita berikan berupa makanan, tujuannya ialah membantu masyarakat kita yang sudah lansia untuk bisa tetap makan dan terpenuhi kebutuhan sehari harinya," tutur bupati yang akrab dipanggil Pak Yes dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lamongan Hamdani Azahari mengatakan, menu makanan yang diberikan telah disesuaikan dengan kondisi masing-masing lansia. Tentunya mengandung gizi seimbang dan aman dikonsumsi para lansia.

Dalam penyalurannya, mengajak kolaborasi para Kelurahan mulai dari pendataan lansia yang akan menerima bantuan hingga penyaluran bantuan.

"Menu yang kita berikan pasti sudah disesuaikan dengan usia tersebut, mulai dari kandungan gizi hingga kelayakannya. Kamu melakukan koordinasi bersama Kelurahan mulai dari pendataan lansia hingga penyaluran bantuan. Karena kita ada beberapa kriteria, diantaranya ialah usia 60 keatas dan hidup sendiri atau sebatangkara," terangnya.

Lebih lanjut, Hamdani juga mengatakan bahwa ROSELA di Kelurahan Sidokumpul dan Kelurahan Tumenggungan merupakan triwulan kedua yang sudah berlangsung dari 1 April hingga 30 Juni mendatang.

Hamdani mengaku akan terus melakukan koordinasi dengan Pemkab Lamongan agar pelaksanaan ROSELA bisa menyeluruh di Lamongan bahkan hingga tingkat desa karena adanya ROSELA diyakini dapat membantu taraf hidup para lansia di Lamongan.

"ROSELA kali ini merupakan kegiatan di triwulan kedua, karena pada triwulan pertama kita selenggarakan di Kelurahan Banjar Mendalang dan Kelurahan Jetis,” ujarnya.

“Tahun ini total akan kita salurkan di 8 Kelurahan yang ada di Kecamatan Lamongan. ROSELA ini dipastikan dapat menjamin taraf hidup lansia di Lamongan, maka dari itu kami terus melakukan koordinasi dengan Pemkab Lamongan agar pelaksanaannya bisa menyeluruh hingga ke tingkat pedesaan," kata Hamdani.