Saat Gus-Gus Nusantara Jatim Peringati Nuzulul Quran

GGN saat memperingati Nuzulul Qur'an
GGN saat memperingati Nuzulul Qur'an

Dalam rangka meningkatkan kekhusyukan ibadah di bulan Ramadan, sukarelawan Gus-Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur memperingati Nuzulul Quran di Pondok Pesantren Daru Ulil Albab Kelutan, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk.


"Hari ini Gus-Gus Nusantara mengadakan kegiatan di Ponpes Ulil Albab Kelutan, Nganjuk. Kami mengadakan peringatan Nuzulul Quran atau turunnya ayat suci Al-Quran," ujar Koordinator Wilayah GGN Jawa Timur, Gus Alwy Hasan pada Sabtu (8/4).

Nuzulul Quran diperingati GGN Jawa Timur dengan mengadakan berbagai kegiatan di PP Daru Ulil Albab, seperti selawatan, doa bersama hingga menyantuni anak yatim. Kegiatan tersebut dihadiri santri dan masyarakat yang tinggal di sekitar kompleks pesantren.

Tak hanya itu, GGN Jawa Timur juga memberikan sejumlah bantuan untuk menunjang aktivitas para santri. Antara lain karpet sajadah dan juga bacaan-bacaan kitab.

"Harapan kami mudah-mudahan Gus-Gus Nusantara dalam memberikan sesuatu di pesantren lebih bisa bermanfaat untuk pesantren yang didatangi GGN," ucap Gus Alwy.

Setelah melakukan serangkaian kegiatan bermanfaat di PP Daru Ulil Albab, GGN Jawa Timur juga mengadakan kegiatan buka bersama dengan para santri dan masyarakat yang antusias mengikuti kegiatan GGN Jawa Timur.

"Alhamdulillah sambutan pesantren sangat bagus dan berharap Gus-Gus Nusantara juga melaksanakan buka bersama di pondok pesantren Daru Ulil Albab ini," kata Gus Alwy.

Sementara itu, Kharisudin Aqib selaku Pengasuh PP Daru Ulil Albab menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan GGN Jawa Timur mampu menjadi momen bagi para santri dan masyarakat untuk mengingat pentingnya meneladani Al Quran sebagai pedoman hidup umat Islam.

Setiap amalan-amalan yang tertuang dalam Al Quran, kata Kharisudin, merupakan petunjuk hidup yang harus dijalankan agar mendapatkan ketenangan dan ketenteraman hati dalam hidup, terlebih mengamalkan ajaran Al Quran di bulan Ramadan menjadi sangat penting. 

"Peringatan Nuzulul Quran ini momentum, agar mengingatkan masyarakat dan kita semuanya bahwa Nuzulul Quran ini penting diperingati, agar kita ingat Al Quran penting sekali bagi umat Islam dan agar kita bisa mendapatkan pencerahan dengan Al Quran atau Al Quran bisa nuzul di hati kita," tutur Kharisudin.

Kharisudin menghaturkan terima kasih kepada sukarelawan Ganjar Pranowo itu, atas kegiatan dan bantuan di PP Daru Ulil Albab Kelutan.

Menurutnya, serangkaian kegiatan yang dilakukan GGN Jawa Timur cukup bermanfaat untuk para santri dan masyarakat sekitar.

"Saya ucapkan terima kasih sudah meninggalkan amal saleh, tadi ada karpet, ada santunan anak yatim, ada kitab, bagus sekali ya. Mudah-mudahan bermanfaat nanti akan kita gunakan semua," ungkap Kharisudin.

Dia berharap, kegiatan GGN Jawa Timur dapat terus berjalan di banyak tempat, khususnya kegiatan GGN Jawa Timur dalam mengamalkan ajaran-ajaran Islam. 

"Mudah-mudahan Gus-Gus Nusantara tetap istikamah dalam mengembangkan Islam yang rahmatan lil alamin, menyebarkan rahmat Allah ke seluruh negeri ini," ujar Kharisudin.