Elektabilitasnya Naik, Erick Thohir Dinilai Sudah Kerja Habis-habisan di PSSI

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir/Net
Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir/Net

Kepemimpinan Erick Thohir sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mendapat sentimen positif dari publik.


Berdasarkan survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), sebanyak 80,6 persen masyarakat menilai Erick Thohir sudah bekerja keras menjadikan Indonesia tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Dari 72,1 persen yang mengetahui FIFA mencabut status tuan rumah, 80,6 persennya menilai Erick Thohir sudah habis-habisan agar Indonesia tetap menjadi tuan rumah,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat memaparkan hasil surveinya secara virtual, Minggu (9/4).

Masih dalam survei tersebut, publik juga setuju dengan pernyataan Presiden Joko Widodo agar urusan olahraga tidak dicampuradukkan dengan politik. Hal ini menimbulkan persepsi bahwa polemik Piala Dunia U-20 lebih banyak dipersoalkan oleh politisi dibanding menyalahkan PSSI.

Kinerja Erick di PSSI ini juga berdampak pada elektabilitasnya sebagai sosok yang digadang-gadang menjadi kandidat bakal calon wakil presiden.

Dari simulasi delapan nama untuk pilihan wakil presiden, Erick Thohir berada di posisi tiga besar, dengan raihan 13 persen, atau di bawah Ridwan Kamil 19,62 persen dan Sandiaga Uno 18,9 persen.

“Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono berada di posisi keempat dengan 9,1 persen, menyusul Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa 6,2 persen, dan Ketua DPR RI, Puan Maharani dengan 5,4 persen,” demikian Djayadi dimuat Kantor Berita Politik RMOL.

Survei LSI dilakukan pada 31 Maret hingga 4 April 2023 dengan melibatkan 1.229 responden. Responden tersebut disurvei melalui sambungan telepon, dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Adapun margin of error survei ini kurang lebih 2,9 persen.