RSUD Caruban Gunakan Metode Phaco Emulsifikasi Untuk Operasi Katarak

Keterangan foto : Pemeriksaan mata pasien di RSUD Caruban/RMOLJatim
Keterangan foto : Pemeriksaan mata pasien di RSUD Caruban/RMOLJatim

RSUD Caruban Kabupaten Madiun  menggunakan metode terbaru, yakni Phaco Emulsifikasi dalam melakukan operasi katarak.


Metode tersebut baru satu tahun digunakan di RSUD Caruban. Dibanding metode biasa, Phaco Emulsifikasi memiliki daya kesembuhan lebih cepat pasca operasi katarak. 

"Jadi sebenarnya kan tekniknya, Phaco Emulsifikasi adalah teknik modern dalam operasi katarak. Intinya tekniknya itu menghancurkan lensa dengan energi ultra sound, yang akhirnya menjadikan lensa tersebut lunak, kemudian kita bersihkan dengan mudah melalui sistem irigasi otomatis jadi kaya kita sedot," kata dokter spesialis mata RSUD Caruban Dr. Ayu Puspitasari dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (10/4). 

Katarak, adalah bagian keruh pada lensa mata yang biasanya bening dan akan mengaburkan penglihatan. Katarak tidak menyebabkan rasa sakit dan termasuk penyakit yang sangat umum terjadi. Ditambahkan pula operasi katarak masih menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. 

Namun, dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, operasi katarak tidak lagi menakutkan karena ada alat dengan teknologi modern yang membuat operasi katarak dapat dilakukan dengan teknik Phaco Emulsifikasi dan tanpa membuat sayatan lebar, sehingga operasi menjadi cepat, mudah, dan aman tanpa jahitan.

"Saat ini operasi katarak tidak seperti dulu, dengan teknik Phaco Emulsifikasi dan tanpa membuat sayatan lebar, sehingga operasi menjadi cepat, mudah, dan aman tanpa jahitan," pungkas Dr.Ayu Puspitasari.(adv)