Pastikan Stok Bahan Pangan Aman Jelang Lebaran, Wali Kota Sutiaji Gelar Operasi Pasar

Wali Kota Malang, H Sutiaji saat melakukan operasi pasar/Ist
Wali Kota Malang, H Sutiaji saat melakukan operasi pasar/Ist

Wali Kota Malang H Sutiaji bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang serta jajaran kepala perangkat daerah terkait menggelar operasi pasar untuk memastikan stok bahan pangan aman jelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah, Kamis (13/4).


Para rombongan langsung menuju titik pertama, yaitu di Pasar Bunul untuk memantau langsung ketersediaan kebutuhan pokok beserta harga-harganya. 

"Alhamdulillah, harga-harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Bunul ini masih terbilang wajar, tidak mengalami lonjakan atau fluktuasi yang signifikan. Tadi sudah dicek, mulai dari daging sapi, daging ayam, tepung terigu, telur, cabai, tomat,beras, gula, minyak, tidak ada peningkatan yang cukup berarti," ujar H Sutiaji.

Sehingga, lanjut dia masyarakat tidak perlu khawatir. Pasalnya, harga bahan pangan masih terkendali dan ketersediaannya mencukupi.

"Stabilitas harga di Kota Malang cukup bagus. Maka dari itu, kami mengimbau kepada masyarakat tidak perlu khawatir hingga melakukan panic buying," tandasnya. 

Sementara itu, salah satu pedagang bernama Supriono mengaku, ada beberapa barang mengalami kenaikan, namun tidak melejit. Sedangkan mengenai stok, ia mengatakan sangat aman. 

"Seperti beras mengalami kenaikan, tapi secara bertahap, bahkan sebelum Ramadan. Kayak kemarin, sebelum puasa sudah naik, tapi naiknya setiap minggu hanya 200 rupiah. Seperti beras cap Lombok, harga normalnya sekitar 65 ribu rupiah, sampai sekarang naik menjadi 71 ribu rupiah per lima kilogramnya. Sedangkan minyak goreng merek Minyakita tetap di harga 14 ribu rupiah. Kalau stoknya aman, mau berapa ton ada di distributor,” terangnya. 

Tak hanya itu, ada harga komoditas lain yang terpantau mengalami penurunan. Seperti harga telur ayam, sebelumnya Rp 29 ribu menjadi Rp 26 ribu hingga Rp 27 ribu.

Sedangkan daging sapi masih tetap, berkisar di harga Rp 120 ribuan. Kemudian untuk bawang merah di harga Rp 30 ribu, bawang putih Rp 26 ribu, dan cabai merah Rp 30 ribu.[adv]