356 Rumah Terdampak Bencana Angin Beliung, Dapat Bantuan dari Pemkab Madiun

foto : Penyerahan bansos untuk 356 rumah yang terdampak bencana angin puting beliung/ist.
foto : Penyerahan bansos untuk 356 rumah yang terdampak bencana angin puting beliung/ist.

Pemerintah Kabupaten Madiun melalui dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman memberikan bantuan sosial untuk 356 rumah di wilayah kecamatan Wonoasri dan di kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun.


Yang  terdampak bencana angin puting beliung pada medio bulan Maret 2023 lalu. Penyerahan secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Madiun H Ahmad Dawami Ragil Saputra. 

“Nanti pemberian bantuan akan dilanjutkan oleh Muspika dan kepala desa yakni melalui rekening bank jatim dan harapan saya, bantuan yang kita berikan ini untuk pembelian bahan bangunan maupun genteng,” kata Bupati dikutip Kantor Berita politik RMOLJatim,, Jum'at (14/4). 

Usai memberikan bantuan sosial, Bupati yang akrab disapa Kaji Mbing, berharap masyarakat menjaga lingkungannya, tujuannya agar  warga terhindar dari bencana, mengingat wilayah Wonoasri sudah dua kali ini diterjang angin puting beliung.

“Seharusnya warga sadar, kalau musim penghujan disertai angin alangkah baiknya ranting-ranting pohon di potong, antisipasi agar tidak merobohi rumah," pungkas Bupati. 

Tampak hadir pula kabid Perumahan dan Permukiman Andy Kurniawan yang mewakili Kadis Perkim yang berhalangan hadir, serta perwakilan muspika kecamatan setempat. Penyerahan bantuan sosial tersebut dilakukan di desa Plumpungrejo kecamatan Wonoasri. 

Seperti yang sudah diberitakan sebelum nya, Hujan deras disertai angin kencang pada medio Minggu (5/3) lalu mengakibatkan ratusan rumah rusak dan satu di antaranya roboh serta puluhan pohon tumbang. Bencana angin puting beliung itu menerjang tiga desa yakni Sidomulyo, Plumpungrejo, dan Jatirejo di Kecamatan Wonoasri, serta desa Kaliabu kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun.