Gubernur Jatim Santuni 500 Anak Yatim Dan Bantu 30 Mustahik Jalankan Usaha Z Chiken Di Probolinggo

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Di bulan suci Ramadhan, Guberbur Jatim, Khofifah Indar Parawangsa beserta Baznas Jatim salurkan bantuan kepada 500 anak yatim piatu Kabupaten Probolinggo.


Tak hanya itu, Gubernur juga salurkan bantuan berupa program bantuan usaha Z Chiken senilai 9 juta rupiah di Kabupaten Probolinggo. Program tersebut diterima oleh 30 orang mustahik yang akan menjalankan usaha Z Chicken.

Gubernur Khofifah berharap penerima bantuan program Z Chicken bisa menambah sumber pendapatannya seiring dengan bimbingan dan pendampingan oleh tim Baznas di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten. 

"Apa yang muzakki percayakan kepada baznas, kita maksimalkan untuk mentasarrufkan kepada yatim/piatu termasuk dengan pemberian zakat produktif kepada pelaku usaha ultra mikro," ungkapnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, selasa (18/4).

Program Z Chicken tersebut merupakan program bantuan usaha dari Baznas Jatim. Penerima bantuan diberikan gerobak, bahan baku usaha, serta pelatihan untuk membuat produk Z Chicken. 

"Jadi mereka akan dilatih bagaimana cara memasaknya serta bahan baku yang sama  agar sesuai dengan standar rasa dan kualitasnya," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah bersama Plt. Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko dan Ketua Baznas Jatim M. Roziqi, menyerahkan santunan kepada 500 anak yatim piatu berupa uang tunai dan paket tas sekolah. 

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah tak lupa untuk memberi motivasi dan wejangan kepada anak-anak yatim piatu agar tetap semangat belajar dan mengaji. Karena dengan giat belajar dan mengaji, mereka akan bisa meraih cita-cita yang diimpikan. 

"Gantungkanlah cita-cita kalian setinggi langit, karena bila terjatuh akan jatuh di antara bintang-bintang," ujar Gubernur.

Riuh keceriaan anak-anak yatim piatu di Pendopo Kabupaten Probolinggo tersebut semakin semarak ketika Mantan Menteri Sosial RI tersrlebut mengajak mereka bersholawat bersama. Sholawat yang dilantunkan oleh Gubernur Khofifah diikuti oleh anak-anak dengan semangat. 

Sementara itu, Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko mengungkapkan bahwa sejatinya Kabupaten Probolinggo tidak masuk daftar safari ramadhan pemberian santunan anak yatim piatu yang telah disusun oleh Baznas Jatim, namun pada akhirnya Gubernur Khofifah berkenan hadir berbagi keceriaan bersama anak yatim piatu dan mustahik di Kabupaten Probolinggo. 

"Tentu ini adalah berkah bagi Kabupaten Probolinggo. Saya lihat tadi betapa cerianya anak-anak menyambut Ibu Gubernur," Jelasnya.