24 Ribu Pemudik Berangkat dari Surabaya dengan Transportasi Kereta

Calon penumpang kereta api di Surabaya
Calon penumpang kereta api di Surabaya

Volume pelanggan KAI pada hari Selasa kemarin, Posko Angkutan Lebaran Tahun 2023 atau pada H-4, 18 April 2023, tercatat sebanyak 24.456 penumpang telah menggunakan moda transportasi kereta api. 


Tercatat kebarangkatan penumpang dari Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 8.689, Surabaya Pasar Turi 7.635, dan keberangkatan dari Stasiun Malang sebanyak 4.361, sisanya merupakan penumpang yang naik dari Stasiun keberangkatan KA jarak jauh lainnya, seperti Stasiun Bojonegoro, Lamongan, Mojokerto, Bangil, dan Stasiun Wlingi.

Pada hari ini diperkiran juga terjadi kenaikan volume penumpang bila dibanding hari sebelumnya, data pada pukul 10.00 WIB menyebutkan bahwa sebanyak 24.147 penumpang yang akan berangkat pada hari ini dari wilayah Daop 8 Surabaya. 

Mulai tanggal 14 April sampai hari ini, jumlah penumpang yang naik sebanyak 120.792, sedang yang turun 109.957 penumpang. Selama masa angkutan Lebaran Tahun 2023, KAI Daop 8 memberangkatkan 40 KA Jarak jauh reguler dan 9 KA tambahan. Masyarakat bisa mengakses update ketersediaan tempat duduk di aplikasi KAI Access.

Sementara, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada masa Angkutan Lebaran tahun 2023, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mulai hari ini menyediakan area Pojok Baca dan Air Minum Gratis bagi penumpang kereta api jarak jauh yang sedang menunggu keberangkatan kereta di Stasiun Surabaya Gubeng. 

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengungkapkan, fasilitas baru tersebut disediakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan jasa kereta api saat masa Angkutan Lebaran tahun 2023. 

"Penumpang dapat memanfaatkan fasilitas booth Air Minum Gratis dan Pojok Baca secara gratis saat menunggu keberangkatan kereta, yang telah disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 Surabaya,” terangnya.

Luqman Arif menambahkan, para penumpang dapat memanfaatkan operasional fasilitas tersebut mulai 14 April sampai dengan 2 Mei 2023. Diharapkan dengan adanya fasilitas baru dengan konsep yang berbeda ini dapat mengurangi kebosanan saat menunggu ketersediaan kereta serta memberikan pengalaman baru penumpang kereta api keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng.