PDIP dan Ganjar Bisa Jadi Game Changer Koalisi Besar

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan elite PDIP/Ist
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan elite PDIP/Ist

PDI Perjuangan akan menjadi game changer pada Pemilu 2024, jika mampu mengumumkan calon presiden yang akan diusung sebelum wacana pembentukan Koalisi Besar benar-benar terealisasi.


Bahkan, Peneliti Pusat Kajian Politik Aisah Putri Budiatri menilai, PDI Perjuangan berpeluang menjadi motor yang akan membentuk Koalisi Besar dalam menghadapi Pilpres 2024.

Terlebih, kata Aisah, apabila PDIP mengusung dan mengumumkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres. Hal tersebut bakal menjadi magnet dan membuat parpol lain merapat kepada PDIP.

“Jika PDIP mengumumkan capresnya sebelum koalisi besar ini benar-benar terbentuk, maka PDIP akan menjadi game changer dalam proses lobi-lobi politik antarpartai,” kata Aisah dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (19/4).

Menurutnya, ketika PDIP mengumumkan capres, hal tersebut akan membuat partai lain menghitung ulang strategi politik menjelang Pilpres. Khususnya parpol yang belum tergabung koalisi dan realistis dalam melihat potensi menang

“Mereka (parpol) akan melihat potensi menang, potensi mencalonkan wapres dan lainnya,” katanya.

Aisah menuturkan salah satu alasan PDIP dan Ganjar menjadi game changer politik, karena memiliki elektabilitas tertinggi dalam berbagai hasil survei.

“Hal ini dipengaruhi juga oleh konsistensi popularitas dan sentimen positif publik pada PDIP termasuk Ganjar sebagai capres partai ini paling populer,” pungkasnya.