Soal Pernyataan Amien Rais Dukung Prabowo, Partai Ummat: Sifatnya Situasional 

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais/Net
Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais/Net

Pernyataan Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais, mengenai potensi mendukung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto jika Anies Baswedan tak jadi nyapres di 2024, memunculkan pertanyaan di publik.


Salah satunya, adalah apakah mungkin Prabowo Subianto hanya menjadi “ban serep” Partai Ummat yang mendukung Anies sebagai capres yang akan diusung barisan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Pasalnya, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pertamanya pada 13 Februari 2023 lalu, salah satu sikap politik yang disampaikan Partai Ummat adalah mendukung Anies sebagai capres 2024.

Pertanyaan yang mengemuka di publik itu dijawab oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Ummat, Nazaruddin, dengan menyatakan makna pernyataan Amien Rais soal dukungan kepada Prabowo.

Ia memberikan sanggahan, bahwa Amien Rais hanya menjawab pertanyaan dalam sebuah podcast, yang arahnya mengenai potensi Partai Ummat mendukung Prabowo untuk maju lagi sebagai capres.

“Jadi pernyataan yang disampaikan Pak Amien itu kan sebenarnya jawaban atas pertanyaan. Jadi itu kan sifatnya situasional,” ujar Nazzaruddin saat ditemui di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/4).

Maka dari itu, Nazzaruddin menegaskan bahwa Partai Ummat masih konsisten dengan hasil Rakernas pertamanya, yaitu mendukung Anies Baswedan nyapres dari barisan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

“Pasti ya pada saatnya kita akan bersama-sama dengan parpol pengusung Anies ya, kita kan pengusung mendukung Anies,” demikian Nazaruddin dimuat Kantor Berita Politik RMOL.