Kunjungan Ganjar ke Surabaya Riuh, Pengamat: Berpengaruh ke Psikologis Politik Kompetitor

Ganjar Pranowo saat di Surabaya
Ganjar Pranowo saat di Surabaya

Kedatangan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo ke Surabaya, Sabtu (6/5/2023), disambut sangat meriah.


Ribuan warga menyemut dan berbondong-bondong ingin bertemu, bertegur sapa, bersalaman dan meminta foto kepada capres yang diusung PDI Perjuangan tersebut.

Menurut pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam, kunjungan Ganjar di Surabaya mampu memengaruhi aspek psikologis politik para kompetitornya. Berbagai riuh sambutan Ganjar mengirimkan pesan Surabaya dan Jatim sebagai basis Ganjar.

Surokim mengatakan, massifnya pendukung, partai dan relawan yang hadir itu, akan menjadi bandwagon politik untuk Ganjar di Surabaya dan Jawa Timur, di mana warga akan berbondong-bondong mengikuti jejak warga lainnya yang riuh menyambut Ganjar. Efek bandwagon politik, lanjutnya, memang akan dahsyat berpengaruh pada banyak hal, termasuk kepada calon lawan. 

"Memilih Surabaya dan Jawa Timur sungguh strategis, dan sekaligus bisa memberi pesan bahwa pendukung di wilayah ini solid dan bisa diandalkan utk dukungan Mas Ganjar," kata Surokim kepada media.

Peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) ini menyebut, momentum antusiasme publik tersebut harus bisa dijaga dan dipelihara, agar tone-nya terus positif dan tentu saja itu juga akan menjadi tantangan bagi calon-calon kompetitornya.

"Suara arus bawah memang salah satunya bisa dinilai dari munculnya kesadaran massa dan bukan sekadar mobilisasi. Biasanya acara politik yang dihadiri banyak segmen pemilih memang bisa mematik kesadaran para pendukung," tandasnya.

"Saya amati acara Pak Ganjar hari Sabtu lalu di Surabaya semarak dan cukup  antusias. Gaungnya cukup bagus dan dukungan multisegmen dan  partai terlihat jelas dan solid dalam acara turba (turun ke bawah) Mas Ganjar di Surabaya," imbuh Surokim.

Kemasan acara yang dirangkai dalam kunjungan Ganjar, kata Surokim, sudah kreatif dan bisa mengkombinasikan multisasaran dengan beragam jenis kegiatan yang bervariasi. Sehingga tidak monoton dan kekinian. 

"Panitia bisa memahami kebutuhan segmen-segmen pemilih gabungan tersebut, sehingga sasaran dan penyampaian pesan bisa terjangkau dengan baik. Saya pikir panitia juga cermat dan bisa medesain pesan politik yang menarik," ungkapnya.

Menurut dia, peran PDI Perjuangan terlihat sangat solid dalam menyukseskan pemenangan Ganjar. Hal itu memunculkan antusiasme dan semangat dalam acara kunjungan Gubernur Jawa Tengah itu, sehingga terlihat  semarak dan bergairah. 

"Saya pikir ini akan menguatkan dan menjadi modal bagi Mas Ganjar dan pendukung, untuk menjaga dukungan dan juga melakukan ekspansi," tegasnya.