Berkas dan Persyaratan Lengkap, Nasdem Bondowoso Daftarkan Bacaleg ke KPU

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Ratusan simpatisan mendampingi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Nasdem mendaftar ke KPU Bondowoso, Kamis (11/5). Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Nasdem Bondowoso, Achmad Fadil Muzakki Syah, bersama pengurus dan Bacaleg Nasdem menyerahkan langsung berkas pendaftaran.


Sesampainya di KPU, pengurus Nasdem langsung diterima komisioner KPU. Selanjutnya Lora Fadil menyampaikan berkas pendaftaran secara simbolis.

Ketua DPD Nasdem Bondowoso, Achmad Fadil Muzakki Syah mengatakan, pendaftaran Bacaleg Nasdem serentak hari ini di seluruh kabupaten/kota.

Anggota Komisi VIII DPR RI ini menjelaskan, Bacaleg Nasdem di lima Dapil full formasi alis penuh sembilan orang di masing-masing Dapil.

Menurutnya, berkas dan persyaratan 45 Bacaleg Nasdem sudah terpenuhi semua. 

"Ada 45 dari semua Dapil sudah kami serahkan dan terpenuhi semua. Keterwakilan perempuan sudah terpenuhi 30 persen," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Menurutnya, dari total 45 Bacaleg Nasdem 30 persen politisi muda. Ada juga mantan penyelenggara di KPU dan Bawaslu, dan beberapa diantaranya politisi yang sebelumnya mencalonkan diri dari partai lain.

"Ada juga ketua di sayap partai lain yang bergabung ke partai kami, banyak sekali, di empat dapil ada dari yang pindahan (pindah ke Nasdem)," paparnya.

Lora Fadil menargetkan bisa meraih lima kursi pada Pemilu 2024, dimana masing-masing Dapil ditargetkan meraih satu kursi. 

Namun kata dia, terdapat dua dapil yang berpotensi meraih dua kursi. Yakni dapil tiga dan dapil lima. Alasannya, karena komposisi caleg di dua dapil tersebut sangat bagus. "Basis kami di dua dapil cukup besar," imbuh dia.

Ditanya soal Bacaleg naik Bentor ke KPU. Hal itu murni inisiatif pengurus DPD Nasdem Bondowoso, bukan instruksi dari pusat.

Menurutnya, konvoi dengan naik Bentor itu tidak ada makna khusus. Hanya saja Nasdem ingin berbagi dengan abang Bentor. 

"Bacaleg kita punya kendaraan semua, mobil, minimal motor, tapi kami gunakan Bentor hanya untuk berbagi dengan sesama saja," jelas anggota DPR RI Fraksi Nasdem tersebut.