Daftarkan Bacaleg ke KPU, Hanura Bondowoso Target 9 Kursi dan Dukung Pemilu Tertutup

Sofyan Sauri/RMOLJatim
Sofyan Sauri/RMOLJatim

Sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Cabang Hati Nurani Rakyat (DPC Hanura) Bondowoso mendaftarkan 45 bakal calon legislatif (Bacaleg) ke KPU setempat, Minggu (14/5).


Ketua DPC Hanura Bondowoso, Sofyan Sauri mengatakan untuk pemilu 2024 pihaknya optimis akan mendapatkan 9 kursi legislatif.

"Kami targetkan 20 persen kursi legislatif yang artinya 9 kursi dari total 45," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dia cukup optimis dengan target tersebut, mengingat kemungkinan akan ada perbedaan dalam sistem pemilu pada periode ini yang berbeda dengan periode sebelumnya.

Saat ini kata Sofyan, Mahkamah Konstitusi (MK) sedang menangani terkait pemilu terbuka dan tertutup, jika tertutup maka startegi Hanura Bondowoso akan mudah.

"Dengan demikian, kami optimis target tercapai," tambahnya.

Meskipun nantinya pemilu akan berlangsung dengan terbuka, pihaknya juga memiliki alternatif agar target tetap terpenuhi.

Untuk latar belakang bacaleg di partai Hanura Bondowoso, Sofyan mengaku berasal dari berbagai kalangan mulai dari aktivis, mantan kades dan banyak lainnya.

"Siapa saja bisa mencalonkan di Hanura, yang penting mereka cerdas," tuturnya. 

Terakhir Sofyan mengatakan, jika target 20 persen atau 9 kursi terpenuhi, maka Hanura akan memiliki hak untuk dukungan calon Bupati.