HJL Ke-454, Pemkab Lamongan Rajut Harmoni Kibarkan Prestasi Jaga Kesinambungan Pembangunan

Bupati Yuhronur Efendi kibarkan Bendera Kabupaten Lamongan/Ist
Bupati Yuhronur Efendi kibarkan Bendera Kabupaten Lamongan/Ist

Dirgahayu Kabupaten Lamongan genap berusia 454 tahun, Pemkab Lamongan merajut harmoni Kibarkan prestasi untuk menjaga kesinambungan pembangunan. Pembangunan yang diupayakan ialah pembangunan utuh mulai dari fisik hingga non fisik atau mental sprititual.


Kesinambungan dalam pembangunan bersifat terbuka untuk publik atau menciptakan aksebilitas bagi seluruh lapisan masyarakat agar semakin maksimal dalam menghadirkan kebangkitan ekonomi, merata dalam melakukan pembangunan, serta menciptakan keharmonisan pada masyarakat.

"Saat ini adalah era inklusivitas dalam pembangunan. Pemerintah Kabupaten Lamongan senantiasa membuka ruang publik dan menciptakan aksebilitas bagi siapapun agar dapat menghadirkan pembangunan untuk semua. Maka akan tercipta Lamongan yang senantiasa bangkit ekonominya, merata pembangunnya, serta harmonis warganya," tutur Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (27/5).

Bupati yang baru saja menyemayamkan pataka lambang daerah usai dilakukan kirab dari Gedung DPRD Lamongan itu menerangkan bahwa Pemkab Lamongan selalu mengedepankan keseimbangan pada pembangunan infrastruktur, ekonomi, sumber daya manusia, serta sosial.

Upaya yang dilakukan dibuktikan dengan ragam capaian prestasi. Diantaranya indeks daya saing Lamongan tahun 2022 berada di angka 3,14 dengan kategori baik, ekonomi terus tumbuh mencapai 5,56 bahkan lebih tinggi dibandingkan angka Jawa Timur.

Begitu juga angka kemiskinan mengalami penurunan menjadi 12,53%, ketimpangan pendapatan masyarakat semakin sempit dengan capaian gini rasio 0,273% kategori baik atau menjadi nomor 2 terendah di Jawa Timur.

Untuk indeks pembangunan manusia pada tahun 2022 menduduki angka 74,02% lebih tinggi dari angka nasional, dan indeks kepuasan masyarakat berada di angka 83,78% kategori sangat baik.

Prestasi yang diraih tidak membuat Kota Soto lengah karena Pemkab Lamongan selalu menelaah isu strategis di tengah masyarakat, salah satunya ialah dari bidang infrastruktur kondisi jalan.

Isu tersebut akan ditangani dengan inovasi serta program prioritas yang telah dicanangkan mulai dari pembangunan jalan ringroad utara, mendukung kemandirian ekonomi dengan gairahkan UMKM dan cetak wirausaha muda (megpreneur), beasiswa pendidikan bagi siswa berprestasi dan kurang sejahtera, mendorong nelayan dan petani dengan memaksimalkan kegiatan perikanan dan pertanian, dan masih banyak lagi.

"Prestasi yang merupakan wujud kerja keras kita dalam mengelola tata pemerintahan yang mampu menghadirkan kesejahteraan masyarakat juga harus kita jadikan tolak ukur untuk semakin memaksimalkan kinerja. Disamping itu, kami juga selalu menelaah isu strategis ditengah masyarakat, selanjutnya kami akan terus upayakan melalui program prioritas dan inovasi agar bisa menyelesaikan isu-isu secara bertahap," terang Pak Yes.

Pada kesempatan yang sama Ketua DPRD Kabupaten Lamongan Abdul Ghofur juga menekankan akan pentingnya merajut harmoni dan sinergikan kolaborasi yang mampu memaksimalkan capaian kinerja di Pemerintah Kabupaten Lamongan sehingga akan akan menjadikan masyarakat merasa kehadiran pemerintah.