Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati Sanusi Berikan Hadiah ke Atlet SEA Games dan Tanda Kehormatan Satyalancana

Bupati Malang H M Sanusi saat memberikan hadiah ke Atlet SEA Games dan Tanda Kehormatan/Ist
Bupati Malang H M Sanusi saat memberikan hadiah ke Atlet SEA Games dan Tanda Kehormatan/Ist

Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 2023, Bupati Malang HM Sanusi menjadi Inspektur Upacara di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan KH Agus Salim Kota Malang, Kamis (1/6).


Pada kesempatan itu, Bupati Sanusi menyampaikan sambutan Presiden Joko Widodo, bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman, sekaligus sebagai bintang penuntun dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

"Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengambil tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global," ujarnya.

Hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai- nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia," ujarnya dalam membacakan sambutan Presiden Jokowi.

"Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang,” ujarnya.

“Saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia. Ke depan, kita akan mewujudkan Indonesia emas 2045 dan impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia," lanjutnya.

Pada 2024 akan digelar pemilu, karena itu dia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai.

"Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Jiwa dan roh Pancasila harus diaktualisasikan dalam cara berpikir, bertindak, dan berelasi setiap individu manusia Indonesia sehingga akan terwujud nilai kemanusian dan solidaritas bangsa kita," tutupnya.

Usai membacakan sambutan, Bupati Sanusi menyerahkan hadiah kepada para pemenang Sea Games, diantaranya Defiana Tharisa Ananda atlet renang mendapatkan medali emas dan perak, Dimas Putra atletik lari mendapatkan medali emas, Sevia Ramadhani atletik tolak pluru mendapatkan medali perak, dan Muhammad Habibie Yudha Pratama atlet renang mendapatkan medali perak.

Masing-masing mendapat piagam penghargaan serta uang pembinaan Rp5 juta untuk peraih medali emas dan Rp3 juta untuk peraih medali perak.

Kemudian, Sanusi melakukan penyerahan simbolis tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada Nandang Djumantara Camat Tumpang dan Wahyu Kurniati, Asisten Administrasi Umum Sekda yang telah berbakti selama 30 tahun, Aprija Wirawan dan Tetuko Luhur Setyo Bathoro yang telah berbakti selama 20 tahun, serta Mohammad Riadi dan Agustinah Nurdyansyah yang telah berbakti selama 10 tahun. 

Nampak hadir pada kesempatan tersebut, yaitu Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, serta jajaran Forkopimda Kabupaten Malang, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, jajaran Pejabat Tinggi Pratama, dan Administrator Kabupaten Malang, Ketua I TP PKK Kabupaten Malang juga Ketua DWP Kabupaten Malang.