Peduli Sesama, Polisi Lamongan Rawat Ratusan ODGJ Bersama Istri

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Bersama istri ,seorang Anggota Polres Lamongan yang menjabat Kanitbinpolmas AIPDA Purnomo yang viral di kanal YouTube dalam content penanganan merawat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).


Melalui Yayasan Berkah Bersinar miliknya di Desa Nguwok Kecamatan Modo kabupaten Lamongan yang  mampu merawat ODGJ hingga sembuh tanpa ada pungutan biaya. 

AIPDA Purnomo, polisi yang akrab disapa pak Pur, melakukan aktivitas sosial peduli sesama  untuk menyelamatkan evakuasi ODGJ yang berkeliaran di jalanan. Selain itu, dia juga  membantu masyarakat yang keluarganya  sedang mengalami gangguan jiwa.

Sudah Ratusan  ODGJ berhasil disembuhkan dan dipulangkan pada keluarganya. Pasien ODGJ yang di tangani bukan hanya Warga Lamongan namun banyak juga  dari luar kota.

Kapolres Lamongan AKBP Yakhob Silvana Delareskha sangat mengapresiasi ide mulia dari salah satu anggotanya tersebut. 

“Kami sangat mengapresiasi niat mulai Anggota kami yang rela meluangkan waktu bahkan financial demi untuk merawat ODGJ,” Jelas AKBP Yakhob dikutip Kantor Berita RMOL jatim,Rabu (7/6)

Berawal dari membantu warga masyarakat yang kurang mampu dengan menjual Burung Peliharaannya lalu uang hasil dari penjualan diberikan ke warga masyarakat yang membutuhkan hingga menjual telur pun telah dilakukan dan menjadi sopir antar jemput bagia anak anak yang sekolahnya terbilang jauh dari tempat tinggalnya.

Kemudian seiring berjalannya waktu beliau melihat ODGJ di pinggir jalan, AIPDA Purnomo sangat iba melihatnya lalu membawa pulang untuk dirawat hingga sembuh, tak terasa 175 ODGJ yang telah dirawatnya.

Doa dari seluruh masyarakat Indonesia yang membuat beliau beserta istri terus beriktiar dan ikhlas merawat saudara saudara yang membutuhkan perawatan.

“Alhamdulillah hampir 7 tahun sudah kami terus belajar ikhlas merawat mereka dan sepanjang itu pula ALLAH SWT selalu menghadirkan orang orang baik yang selalu membantu kegiatan ini, Semoga apa yang kita lakukan menjadikan kadang ibadah untuk kita semuanya.” Jelas Aipda Purnomo.

Sebagai bentuk dukungan, Kapolres Lamongan memberikan satu unit mobil untuk operasional Yayasan Berkas Bersinar.

“Semoga terus menjadi inspirasi bagi kita semua terutama para Pelindung Pengayom dan Pelayan Masyarakat untuk lebih mendekatkan diri kepada warga masyarakat serta bisa menjadi contoh tauladan untuk ditiru.” pungkas  AKBP Yakhob