1.020 JCH Jember Berangkat dari 9 Titik di Jember pada Selasa Dinihari

Suasana jamaah saat mengikuti Bimbingan manasik haji/RMOLJatim
Suasana jamaah saat mengikuti Bimbingan manasik haji/RMOLJatim

Sebanyak 1.020 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Jember jember, yang tergabung dalam 3 kloter berangkat dari 9 titik di wilayah Kabupaten Jember, Selasa (13 Juni 2023) dini hari.


Mereka selanjutnya, bergerak ke titik Kumpul pemberangkatan JCH Jember, di Pendopo Wahyawibawa Jember, Selasa Pukul 00.30 WIB.

"JCH yang berangkat (Selasa dinihari) terdiri dari 3 Kloter yakni kloter 55, kloter 56 dan Kloter 57, ada yang berangkat dari kantor Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) masing-masing atau kantor Kecamatan dan tempat lainnya, yang dinilai strategis," ucap Kepala Kantor Kemenag Jember, Dr H Akhmad Sruji Bahtiar, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (13/6).

Dijelaskan Sruji, untuk kloter 55 yang terdiri Kbihu Alkhairot berangkat dari balai Serba Guna (BSG)  Kaliwates serta jamaah haji mandiri asal kecamatan Silo, dengan titik kumpul dan berangkat dari Stadion Jember Sport Garden (JSG) Ajung. 

"Mereka berangkat dari BSG dan JSG menuju Pendopo Wahyawibawa Graha Jember, pada Senin,  pukul 23.00 WIB," katanya.

Demikian juga dengan Kloter 56, yang terdiri dari KBIHU Multazam Cangkring Jenggawah, berangkat dari PP Madinatul ulum Desa cangkring jenggawah, KBIHU Bustanul Ulum Mlokorejo, berangkat dari Ponpes Bustanul Ulum, KBIHU Nurul Qornain Sukowono, di PP Nurul Qornain Sukowono dan KBIHU Miftahul Ulum Sumberbaru di di Kantor Kecamatan Tanggul.

Sedangkan untuk Kloter 57, yang terdiri dari jamaah mandiri  asal Kecamatan Puger dan Balung, berangkat dari kantor Kecamatan Balung.  Jamaah mandiri asal Kecamatan Rambipuji, Panti, Sumbersari, Ajung, Sukorambi, Kaliwates dan Kecamatan Patrang berkumpul di kantor Kecamatan Rambipuji.

Demikian juga dengan Jamaah mandiri asal Kecamatan Tanggul, Semboro, Umbulsari, Pembimbing Haji Daerah (PHD) dan cadangan berangkat dari Kantor Kecamatan Tanggul. 

"Total semuanya ada 9 titik tersebut, menuju titik kumpul di pendopo Wahyawibawa Graha Jember, dengan prosesi pelepasan oleh Bupati Jember, dimulai pukul 00.00 WIB," terangnya.

Sruji menghimbau jamaah calon haji Jember, untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran serta  istirahat, yang cukup. Jangan lupa menjaga tubuh tetap fit dengan makan tepat waktu dan makanan yang bergizi.

Diketahui, jumlah JCH Kabupaten Jember, yang berangkat tahun 1444 Hijriah/ 2023 Masehi Sebanyak 2.318 jamaah, yang terbagi dalam 6 kloter. Untuk Kloter 55, Kloter 56, dan Kloter 57, Masuk asrama haji Sukolilo Surabaya, Selasa, 13 Juni 2023, pukul 08.00 WIB. Sedangkan Kloter 67, Kloter 68 dan Kloter 69, harus masuk Asrama Haji Surabaya, Sabtu (17/6/2023).