Lurah Baru, Warga Medokan Ayu Berharap Ada Sinergitas

Pisah sambut lurah Medokan Ayu Surabaya
Pisah sambut lurah Medokan Ayu Surabaya

Pisah sambut Lurah Medokan Ayu pejabat lama R. Asep Sanna Sumanilaga, SH posisinya digantikan pejabat baru Zainul Abidin, S.Sos bertepatan dengan Gebyar Bazar Rakyat dan Jalan Sehat yang digelar Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya


Pejabat lama R. Asep Sanna Sumanilaga yang menjabat sejak bulan Oktober 2022 hingga Juni 2023, telah melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai arahan Walikota Surabaya Eri Cahyadi, ST, MT.

Salah satu kinerja Pejabat lama R. Asep Sanna Sumanilaga selama menjabat sebagai Lurah telah mampu melakukan penataan administratif dan bersinergi dengan mitra kelurahan, seperti Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Rukun Warga (RW), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Medokan Ayu Berkreasi dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Medokan Ayu serta mitra kerja lainnya yang ada di lingkungan Kelurahan Medokan Ayu.

Tokoh Masyarakat sekaligus Pembina mitra Kelurahan Medokan Ayu H. Nawawi mengatakan, Pejabat lama R. Asep Sanna Sumanilaga merupakan Lurah yang selalu bersinergi dengan mitra Kelurahan Medokan Ayu, antara lain LPMK, RW, RT, KIM Medokan Ayu Berkreasi dan Pokdarwis Medokan Ayu.

"Salah satu bentuk sinergi bapak Asep yaitu beliau selalu menghadiri kegiatan mitra kelurahan Medokan Ayu dan turun langsung ke Seluruh wilayah Medokan Ayu guna menampung aspirasi dan selalu menanyakan permasalahan yang ada di wilayah untuk didiskusikan secara bersama - sama," katanya.

Lanjut H. Nawawi, pelayanan kependudukan dan administrasi pertanahan sangat baik dengan memberikan Mekanisme dan Prosedur pelayanan yang mempermudah warga untuk mendapatkan pelayanan di Kelurahan, salah satu contoh pelayanan administrasi pertanahan, Pejabat lama R. Asep Sanna Sumanilaga sangat teliti, dikarenakan wilayah Kelurahan Medokan Ayu terdapat beberapa permasalahan tanah yang menjadi PR dari Pihak Kelurahan dan Pemerintah Kota Surabaya, terkait pencatatan administrasi tanah Letter C.  sejak masuknya Lurah Asep di Kelurahan Medokan Ayu beliau melakukan tertib administrasi pertanahan, dan selalu dapat memberikan arahan dan solusi kepada warga yang belum paham terhadap administrasi pertanahan. 

"Memang ada beberapa keluhan warga terkait pelayanan administrasi pertanahan yang lama, tetapi dengan adanya kepandaian dan ketelitian bapak Asep, keluhan warga akhirnya bisa diselesaikan dengan baik," ujar H. Nawawi mantan Ketua LPMK Medokan Ayu selama 3 periode.

Ditambahkan Ketua LPMK Medokan Ayu Nanang Andy Asyim, bahwa program kerja LMPK Medokan Ayu telah dibuat dan disepakati selama 1 tahun oleh Pejabat lama R. Asep Sanna Sumanilaga.

"Dengan adanya rotasi jabatan Lurah Medokan Ayu, saya berharap pada lurah yang baru bapak Zainul Abidin, bisa melanjutkan program kerja tersebut dan bersinergi dengan LPMK dan mitra kelurahan yang lain," tambahnya.

Juga ditambahkan Ketua Pokdarwis Medokan Ayu H. Tamsir, "Saya sangat berkesan terhadap Pejabat lama R. Asep Sanna Sumanilaga, dirinya sangat mensuport Wisata Mangrove yang berada di wilayah Medokan Ayu," jelasnya.

Di lain pihak Ketua Kim Medokan Ayu Berkreasi H. Muhajir Wahyu Ramadhan yang akrab dipanggil dengan Abah Tindik menjelaskan bahwa. "Sinergitas tanpa batas yang sudah terbangun selama kepemimpinan R. Asep Sanna Sumanilaga di kelurahan Medokan Ayu, dalam kurung waktu satu tahun ini sangatlah luar biasa, sistem pelayanan terbentuk dengan profesional, selalu mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan masalah dan diakhiri dengan memberikan berita acara rapat, tentunya perihal tersebut bisa memberikan kebijakan dengan tanpa merubah konsep yang dilakukan selama ini kepada pemangku yang baru," tegasnya.

Abah Marno adalah salah satu pihak sesepuh di Medayu Utara mengatakan, "Dengan regulasi pergantian jabatan ini diharapkan selanjutnya Zainul Abidin dapat memimpin Medokan Ayu dengan bijak, dan dapat meneruskan kinerja pejabat yang lama, sehingga masyarakat dapat menerima manfaat yang baik," pungkasnya.