Wali Kota Mojokerto Ning Ita Meriahkan Festival Tahu Tek

Salah satu peserta festival tahu tek dengan pakaian tradisional/ist
Salah satu peserta festival tahu tek dengan pakaian tradisional/ist

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari membuka sekaligus menjadi peserta festival tahu tek 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto ke-105 tahun. 


Acara yang berlangsung di halaman parkir timur Sunrise Mall, Minggu (18/6/2023) berlangsung meriah. Sebanyak 105 peserta berupaya menyajikan masakan tahu tek yang lezat dengan mengenakan aneka kostum sesuai dengan tema masakan tahu tek yang dibikinnya.

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari yang akrab disapa Ning Ita hadir bersama suami Supriadi turut serta memasak salah satu kuliner khas daerah. 

Ning Ita mengatakan, dalam momen HUT Kota Mojokerto tahun ini sengaja mengangkat kuliner tradisional yakni Tahu Tek. Dirinya beralasan kuliner perpaduan tahu goreng, lontong dengan sambal petis bisa diterima semua kalangan masyarakat.

"Karena kuliner ini bisa diterima semua kalangan, mulai dari masyarakat bawah hingga di resto berkelas," ujarnya. 

Ditambahkan, salah satu prioritas pembangunan di Kota Mojokerto adalah pariwisata. Dirinya menilai, kuliner menjadi bagian penting dalam menunjang sektor pariwisata. Pemkot Mojokerto akan terus melakukan inovasi untuk meningkatkan potensi kuliner.

"Prioritas pembangunan kami adalah pariwisata. Salah satu penunjangnya adalah kuliner tradisional. Kita akan terus memfasilitasi sektor ini, termasuk Tahu Tek," tuturnya. 

Ning Ita mengungkapkan, peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto tahun ini dirayakan secara spesial. Karena HUT ke-105 ini, pertama kalinya Pemkot Mojokerto menggelar rangkaian perayaan hingga satu bulan penuh.

"Rangkaian kegiatan HUT Kota Mojokerto ke-105 dimulai sejak 1 hingga 29 Juni. Satu bulan penuh," ujar Ning Ita. 

Ditegaskan, jika HUT ke-105 ini merupakan hari ulang tahun yang harus dirayakan seluruh masyarakat Kota Mojokerto. Dirinya meminta agar seluruh masyarakat berperan aktif untuk memeriahkan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Mojokerto.

"HUT ini bukan milik pemerintah saja, tapi milik seluruh masyarakat Kota Mojokerto. Maka semua harus ikut berkontribusi memeriahkan rangkaian acara ini. Semoga dengan doa seluruh masyarakat, Kota Mojokerto bisa menjadi Kuat, Hebat dan Melesat, seperti dalam jargon HUT ke-105 ini," ungkapnya.