Bupati Ipuk Resmikan Gedung Creative Hub, Inkubator Anak Muda Kreatif di Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat meresmikan inkubator anak muda kreatif/Humas Pemkab Bwi
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat meresmikan inkubator anak muda kreatif/Humas Pemkab Bwi

Kabupaten Banyuwangi kini memiliki ruang kreativitas publik (creative hub) yang diresmikan Bupati Ipuk Fiestiandani, pada Jumat (16/6/2023).


Bupati Ipuk berharap Creative Hub Banyuwangi ini tidak hanya menjadi wadah menampilkan kreativitas, namun juga mengasah keterampilan penggunaan teknologi modern seperti kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) bagi anak muda.

Creative Hub yang dikembangkan Banyuwangi Youth Creative Network (BYCN) di bawah koordinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ini berada di kawasan Terminal Wisata Terpadu Sobo.

Saat peresmian, ditampilkan deretan karya dan produk hasil ide kreativitas anak muda Banyuwangi. Termasuk seni instalasi dan tampilan video mapping karya anak Banyuwangi.

Tak hanya itu, salah satu standnya juga menampilkan Smart Design Ai. Para pengunjung bisa mencoba bagaimana menggunakan teknologi Ai untuk mendesain ruangan oleh para programer muda.

"Kami harapkan ruang ini menjadi titik temu bagi para kreator, inovator, dan pecinta teknologi. Saya yakin teknologi Ai dapat mengubah banyak aspek kehidupan kita, dan harus kita optimalkan untuk mengembangkan karya kita. Banyak tools Ai yang kita gunakan untuk mempermudah dan mempercepat kerja kita," kata Ipuk, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (19/6).

Ipuk berharap keberadaan Creative Hub Banyuwangi juga akan memberikan dampak positif bagi anak muda Banyuwangi. Mereka tidak hanya sharing ke pengetahuan dan keterampilan terkini dalam teknologi, tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan ide-ide inovatif mereka.

"Ini akan menjadi inkubator anak-anak muda kreatif Banyuwangi. Saya harap, ruang ini juga bisa menjadi penghubung antara para inovator dan kreator dengan pasar," kata Ipuk.

Creative Hub Banyuwangi menyelenggarakan berbagai pelatihan dan workshop tentang pembangunan sektor-sektor ekonomi kreatif dan pemanfaatan teknologi yang mendukungnya.

Selain itu, Creative Hub Banyuwangi menyediakan fasilitas dan peralatan penunjang yang merupakan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekraf. Ada studio musik dan rekaman, studio komputer, ruang pertemuan, dan lainnya.

Ketua BYCN Vicky Hendri Kurniawan menambahkan, workshop dan kelas kreatif akan digelar rutin setiap pekannya.

“Kegiatan ini gratis. Siapa saja bisa ikut dengan mendaftar melalui Instagram @bwi.ch Di dalamnya terdapat tautan untuk mendaftar kelas kreatif, reservasi gedung, dan aktivitas kreatif lainnya,”kata Vicky.

Vicky menyebut, hingga saat ini sudah ada 15 kelas pelatihan yang digelar di creative hub yang menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya.

Seperti pada kelas kreatif subsektor fesyen pada Kamis (15/6) lalu, menghadirkan desainer eco fashion Banyuwangi, Anita Yuni, yang terkenal dengan produk yang ramah lingkungan.

“Untuk kelas-kelas prioritas seperti kelas video, music, dan desain pelaksanaannya tidak hanya satu atau dua pertemuan, namun berkelanjutan hingga para peserta bisa menghasilkan karya,” ujar Vicky. (Adv)