Mahasiswa UWK Ajak Warga Tulangan Sidoarjo Lihai Kelola Manajemen Keuangan Rumah Tangga

Mahasiswa UWK Surabaya saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tulangan, Kabupeten Sidoarjo/Ist
Mahasiswa UWK Surabaya saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tulangan, Kabupeten Sidoarjo/Ist

Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya berhasil menemukan formula dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. Formula tersebut dipaparkan saat mereka melakukan sosialisasi pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tulangan, Kabupeten Sidoarjo beberapa waktu lalu.


Ketua kelompok D4 KKN UWK Surabaya Raka Satria Ramadhani mengatakan sosialisasi tersebut untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh tentang pentingnya pengelolaan keuangan yang efektif guna membantu para ibu rumah tangga dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan keuangan keluarga. 

"Keterbatasan dalam memperoleh informasi dan pelatihan pengelolaan keuangan serta kurangnya kesadaran akan pentingnya pengelolaan keuangan menjadi kendala terbesar bagi mereka," ujarnya sesaat lalu.

Menurut Mahasiswa Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris ini, salah satu fokus utama dalam sosialisasi tersebut adalah membuat anggaran bulanan secara terprogram dan tepat sasaran.

"Dengan adanya anggaran bulanan yang tepat, dapat meminimalisir penggunaan keuangan yang tidak diperlukan dalam keuangan rumah tangga, dan dapat mengutamakan kebutuhan keluarga dibanding keinginan semata," urainya.

Sementara itu, Ni Made Vernanda Sheilamitha Amara dari Fakultas Hukum menjelaskan, selain membuat anggaran juga penting untuk menetapkan tujuan jangka panjangnya, termasuk membuat dana cadangan dan mempertimbangkan investasi.

"Keyakinan diri yang baik memungkinkan untuk mengambil keputusan keuangan dengan lebih percaya diri dan bijaksana. Sehingga mereka merasa mampu menganalisis pilihan-pilihan yang ada, memahami konsekuensi keuangan yang terkait, dan membuat keputusan yang sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai keluarga," terangnya.

"Dengan pengetahuan tersebut, diharapkan ibu rumah tangga dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya keuangan yang tersedia," tandasnya.

Diketahui, KKN ini merupakan program Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya yang memiliki sejarah panjang dalam keterlibatannya dalam pengembangan masyarakat. 

KKN yang digelar di Desa Tulangan oleh kelompok D4 tersebut melibatkan 24 Mahasiswa dari berbagai Fakultas yang ada di UWK Surabaya. 

Mereka adalah Raka Satria Ramadhani dari Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris, Azarianatur Roiyanita dari Fakultas Pendidikan Guru SD, Ni Made Vernanda Sheilamitha Amara dari Fakultas Hukum, Teresa Francisca Fatima De Costa Luz dari Fakultas Teknologi Pertanian, Mayang Shagita Ramadhani dari Fakultas Agribisnis, Yolani Ika Saputri dari Fakultas Agribisnis, Endah Kusuma Handayani dari Fakultas Agribisnis, Pardomuan Daniel Vallen dari  Fakultas Hukum.

Kemudian Alfa Dio Anhar dari Fakultas Hukum, Al Thariq Fasyadaffa Alifian Rushpaka dari Fakultas Hukum, Allen De Rosari dari Fakultas Manajemen, Diah Ayu Herawati dari Fakultas Manajemen, Yusuf Andrean Syah dari  Fakultas Manajemen, Annisa Hermalia Putri dari Fakultas Manajemen, Dhea Fairuza Qurotul Aini dari Fakultas Manajemen, Achmad Nur Fauzan Aprilianto dari Fakultas Akuntansi, Ryan Ajudan dari Fakultas Akuntansi, Silvi Rahmawati dari Fakultas Ilmu Politik.

Selanjutnya Viona Aletta Aminda dari Fakultas Ilmu Politik, Wika Tata Irawan dari Fakultas Ilmu Politik,  Asmaul Chusnah dari Fakultas Pendidikan Guru SD, Al Ferdiansyah dari Fakultas Kedokteran Hewan, Yolanda Wulandari dari  Fakultas Kedokteran Hewan dan Daffa Bima Maldini dari Fakultas Kedokteran Hewan.