Puluhan Mahasiswa Umaha Sambat ke DPRD Sidoarjo

Mahasiswa Umaha di kantor DPRD Sidoarjo/RMOLJatim
Mahasiswa Umaha di kantor DPRD Sidoarjo/RMOLJatim

Puluhan mahasiswa Universitas Ma'arif Hasyim Latif (Umaha) Sepanjang Kecamatan Taman Sidoarjo mendatangi Kantor DPRD Sidoarjo, Kamis (22/6/2023). Mereka ditemui di ruang paripurna. 


Disana rombongan mahasiswa yang dipimpin Dekan Fakultas Hukum Fajar Rachmad diterima Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo Abdillah Nasih. Juga ada Bangun Winarso, Aditya Nindyatman, Zahlul Yussar, dan Rizza Ali Faizin. 

Pertemuan tersebut berlangsung cair. Baik mahasiswa atau anggota DPRD Sidoarjo sama-sama terbuka. Bahkan mengapresiasi langkah Umaha dalam menyampaikan aspirasi. 

Fajar Rachmad mengatakan ada beberapa persoalan yang perlu menjadi perhatian anggota dewan. Diantaranya vandalisme dan beasiswa kepada mahasiswa asal Kota Delta. Mahasiswa Umaha juga berharap DPRD Sidoarjo ada program magang. 

"Apalagi menjelang pileg, dan banyak pohon-pohon yang dijadikan media kampanye atau promosi. Termasuk iklan yang ditempel di tiang-tiang listrik itu," ujarnya. 

Disamping itu, Fajar juga berharap DPRD Sidoarjo bisa turun ke perguruan tinggi, go to campus. Alasannya untuk memberikan edukasi dan pemaparan tentang arah pembangunan di kota delta. 

"Harapannya ada DPRD Sidoarjo Go To Campus. Selama ini hanya terbatas. Jika ada permintaan Universitas," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo Abdillah Nasih menyampaikan bahwa pihaknya sangat terbuka dengan semua masukan. 

Cak Nasih menjelaskan Pemkab Sidoarjo sudah ada program beasiswa untuk mahasiswa prestasi akademik, non akademik maupun jalur tidak mampu. 

"Masing-masing jalur ini ada di tiga dinas. Dispora, Kesra maupun Dinsos," ungkapnya. 

Legislator PKB itu menjelaskan Program beasiswa pendidikan tinggi atau untuk mahasiswa meliputi empat jenis.

Pertama beasiswa bidang keagamaan. Pendaftarannya di Bagian Kesra Setda Sidoarjo.

Kedua, beasiswa prestasi bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dan atau olahraga yang pendaftarannya ditangani Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata.

Ketiga ada beasiswa prestasi akademik. Pendaftarannya melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata.

Terakhir adalah beasiswa mahasiswa kurang mampu yang pendaftarannya di Dinas Sosial Sidoarjo.

"Mungkin selama ini masih kurang sosialisasi. Kami berharap kedepan untuk pendaftaran beasiswa bisa dilakukan lewat satu pintu untuk memudahkan masyarakat," pungkasnya. (ful)