Status Pandemi Covid-19 Dicabut, Puan: Berkat Istimewa di Perayaan Iduladha

foto/net
foto/net

Dicabutnya status pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia yang telah mewabah kurang lebih tiga tahun patut disyukuri.


Menurut Ketua DPR RI Puan Maharani, perubahan status dari pandemi menjadi endemi  menjadi berkat istimewa dalam momen perayaan Iduladha 2023.

“Jika kembali mengingat awal pandemi lalu, kita merayakan hari raya dengan penuh kekhawatiran," ujar Puan lewat keterangan resminya, Minggu (25/6).

Ketua DPP PDI Perjuangan itu menyebut perubahan status pandemi Covid-19 menjadi endemi juga membuktikan bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh dan kuat.

“Keberhasilan Indonesia keluar dari pandemi adalah berkat kerja bersama. Baik ketangkasan Pemerintah yang didukung oleh seluruh elemen bangsa, termasuk DPR dari sisi anggaran dan pengawasan,” jelasnya.

Dengan dicabutnya status pandemi Covid-19, Mantan Menko PMK ini berharap, masyarakat bisa kembali menjalani hidup secara normal beradaptasi dengan kondisi pasca-Covid.

"Tanpa adanya pembatasan yang ketat, pastinya hal tersebut akan berpengaruh pada peningkatan kualitas sosial ekonomi masyarakat yang akan memberikan dampak positif, serta akan berpengaruh baik bagi perekonomian Indonesia," tandasnya.

Pengumuman perubahan status ini disampaikan langsung Presiden Joko Widodo melalui video yang diunggah lewat Channel YouTube Sekretariat Presiden.

"Sejak hari ini pemerintah memutuskan mencabut status pandemi, dan kita mulai masuk ke endemi," kata Jokowi, Rabu (21/6).