Hadiri Pembukaan Kontes Bonsai, Wabup Bondowoso Singgung Kreativitas dan Nilai Ekonomi

Wabup Bondowoso H Irwan Bachtiar Rahmat saat menghadiri kontes bonsai halaman Polres Bondowoso/ist
Wabup Bondowoso H Irwan Bachtiar Rahmat saat menghadiri kontes bonsai halaman Polres Bondowoso/ist

Halaman Polres Bondowoso tampak dipenuhi pajangan barisan pohon unik dalam pot atau yang biasa disebut bonsai, pada Selasa (27/6).


Wakil Bupati Bondowoso H Irwan Bachtiar Rahmat menyebut bahwa seni bonsai merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang merupakan sebuah konsep pada era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan ide-ide.

Pameran yang digelar Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) ini diikuti 185 peserta dari 23 kecamatan se-Bondowoso untuk peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77 tahun.

"Saya melihat data di BPS pendapatan nasional saat ini 5,79% dari kontribusi ekonomi kreatif salah satunya dari bonsai, ini dan melebihi dari kontribusi pertambangan," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Disebutkan bahwa untuk pertambangan hanya 4 sekian proses kontribusinya sementara untuk ekonomi kreatif terhadap pendapatan nasional 5,79.

"Pemkab Bondowoso nantinya akan selalu memberikan dukungan melalui Dinas Pariwisata, kan ini sudah ada asosiasinya PPBI para pencipta seni bonsai," terangnya. 

Sehingga kata Irwan mudah untuk memberikan monitoring dalam rangka bisa menumbuh kembangkan atau memasyarakatkan bonsai khususnya kaum milenial.

"Kaum milenial banyak yang suka bonsai, karena ini juga bisa mengangkat pendapatan per kapita masyarakat," pungkasnya.

Dalam pameran tersebut juga nantinya akan dinilai dalam kelas Pratama, Madya, Utama, dan kelas Bintang. 

Selain empat kelas tersebut, ada kelas tambahan yakni Exhibition (pameran), dimana yang dipamerkan adalah hasil karya seni bonsai dan mendapatkan door Prize. (Adv)