Guyup Rukun Warga Perumahan GNS di Momen Idul Adha 2023

Warga Perumahan GNS saat kompak menyayati hewan kurban/RMOLJatim
Warga Perumahan GNS saat kompak menyayati hewan kurban/RMOLJatim

Hari Raya Idul Adha merupakan momen yang sangat penting bagi seluruh umat muslim di dunia, tak terkecuali di lingkungan Perumahan Griya Nieuw Singhasari (GNS), Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. 


Di tahun 2023 ini, perayaan Idul Adha 1444 Hijriah, warga Perumahan GNS berjalan lancar dan nampak guyup rukun. Demikian dikatakan oleh Ketua Panitia  penyembelihan hewan kurban, Hadi. 

"Alhamdulillah di Hari Raya Idul Adha 1444 H ini, di lingkungan perumahan GNS berjalan lancar. Yang mana, pada Hari Raya ini, umat Muslim di seluruh dunia juga merayakan dengan menyembelih hewan kurban sebagai bentuk ibadah terhadap Allah SWT dan pengorbanan," ungkapnya, Kamis (29/6).

"Warga di perumahan ini begitu kompak. Mereka saling membantu, serta berinisiatif melakukan sesuatu yang bisa dikerjakan. Mulai menyayat kulit kurban, memotong daging, menyediakan wadah atau tempat, dan menyiapkan konsumsi untuk disantap bersama-sama," imbuhnya. 

Menurut Hadi, bahwa sikap guyup rukun antar warga harus bisa tetap dipertahankan. 

"Semoga kondisi bisa dipertahankan, baik di kegiatan apapun. Sikap yang sudah baik ini harus dijaga, kalau perlu ditingkatkan lagi. Pada momen ini, tujuan lainnya adalah untuk memperkuat hubungan antar sesama manusia melalui silaturahmi. Umat Muslim saling berkunjung, bertukar salam, dan saling memaafkan. Hal ini mencerminkan pentingnya menjaga persatuan, kerukunan, dan harmoni dalam masyarakat," tuturnya. 

Ia juga menyampaikan, pada tahun ini di Perumahan GNS menyembelih satu ekor sapi dan sembilan ekor kambing, yang akan dibagikan ke warga sekitar. 

"Tadi sudah dibagikan ke warga sekitar, lebihnnya diberikan kepada warga kampung yang kurang mampu. Jumlah keseluruhan yang dibagikan kurang lebih 150 kantong," paparnya.

Sementara itu, Ketua Rukun Tetangga (RT) sekitar, Suwarto mengucapkan, terimakasih terhadap warga yang telah berpartisipasi melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan kurban. 

"Kami juga mengucapkan terimakasih yang sudah berkurban di lingkungan ini. Semoga di tahun-tahun berikutnya, warga di lingkungan ini lebih antusias berkurban untuk ibadah kepada Allah SWT," pungkasnya.