Hari Raya Idul Adha, Pemkab Bondowoso Kurban 8 Ekor Sapi Kepada Masyaraka

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Pada hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso berkurban 8 ekor sapi untuk masyarakat sekitar. Disampaikan Kepala Bagian Kesejahteraan, Kristian Putro Prasojo, delapan ekor sapi itu diberikan kepada sejumlah lembaga keagamaan di Bondowoso.


Di antaranya yakni panitia kurban Masjid Agung At Taqwa, PCNU, Muhammadiyah, MUI, Yayasan Al Jannah Botolinggo, Ponpes Manbaul Ulum, serta Masjid Al Ikhlas. 

"Kita serahkan pakai berita acara," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (29/6).

Dirinya menjabarkan penentuan penerimaan bantuan tersebut memang lebih diserahkan kepada lembaga sosial, lembaga keagamaan, Ponpes, dan ada juga yang diberi karena pengajuan. 

Sementara itu, Bupati Salwa Arifin mengingatkan agar pendistribusian daging kurban tak menggunakan plastik. Melainkan, menggunakan bungkusan non plastik. Seperti daun dan besek. 

"Mohon menghindari dibungkus plastik," jelasnya singkat. 

Sebelum itu, Bupati Salwa Arifin mengeluarkan Surat Edarannya (SE) nomer 670/244/430/2023 tentang himbauan pelaksanaan Idul Adha tanpa sampah plastik di Kabupaten Bondowoso, per 21 Juni 2023.

Dalam SE tersebut terdapat empat poin. Salah satunya, yakni melakukan pendistribusian hasil pemotongan hewan kurban dengan ketentuan yakni tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai sebagai wadah daging kurban. 

Melainkan, menggunakan alternatif pembungkusan daging kurban ramah lingkungan seperti daun jati, daun pisang, besek, atau jenis lainnya yang terbuat dari bahan yang mudah terurai dan tidak menimbulkan sampah plastik. Serta membawa sendiri wadah dari rumah yang terbuat dari bahan ramah lingkungan saat mengambil daging kurban. 

"Sebagai komitmen upaya Pemkab Bondowoso dalam mengurangi timbunan sampah plastik," seperti dikutip dalam SE tersebut.[ADV]