Panji Gumilang Kirim Dua Ekor Sapi Kurban Untuk Warga Desa Sembunganyar Dukun Gresik

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Pemimpin Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, Panji Gumilang, menyalurkan dua ekor sapi kurban ke kampung halamannya. Di Dusun Siraman, Desa Sembunganyar, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik.


Menurut Keponakan Panji Gumilang, Imam Zarkasih, bahwa sapi yang dikirim pamannya berjenis limousin dengan bobot masing-masing sekitar 1 ton sejak empat hari lalu.

"Sapi dikirim langsung dari peternakan milik Syekh (Panji Gumilang, red) sendiri di Indramayu, tiba disini sekitar empat hari yang lalu. Memang biasanya dikirim lebih awal kesini (rumah tempat tinggal Panji Gumilang) terdahulu, agar mendapat perawatan dulu disini, biar semakin gemuk,” ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (29/6).

Ditambahkan Imam, sang paman memang rutin mengirimkan hewan kurban dan sembako pada setiap tahun saat Hari Raya Idul Adha. Tujuannya, agar nantinya disalurkan dalam satu paket kepada masyarakat Desa Sembunganyar.

“Untuk tahun ini, berbeda dengan tahun kemarin yang hanya satu ekor sapi dan 500 paket sembako. Jumlah itu, kemungkinan cukup untuk seluruh warga Desa Sembunganyar meliputi tiga dusun,” ungkap Kepala Dusun (Kasun) Siraman ini. 

“Rencananya Jumat (30/6) besok disembelih, yang akan dibantu pemerintah desa dan masyarakat setempat. Hal ini seperti yang setiap tahun dilakukan, sudah menjadi kebiasaan agar waktu penyembelihan hewan kurban tidak bersamaan dengan Masjid dan Musalla,” tandasnya.

Untuk diketahui bahwa, Panji Gumilang berdasarkan informasi yang terhimpun merupakan warga asli Dusun Siraman, Desa Sembunganyar, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik. Bahkan, keluarga besarnya masih tinggal diwilayah setempat.